Puasa Tapi Tidak Pernah Sholat

Puasa Tapi Tidak Pernah Sholat

Puasa tapi tidak pernah sholat - Sobat muda pengunjung matrapendidikan.com yang budiman, baik puasa maupun sholat merupakan dua dari 5 rukun Islam. Jadi, kalau kita benar- benar mengaku sebagai seorang muslim, kelima-limanya wajib dikerjakan.

puasa tapi tidak shalat
Foto : Illustrasi puasa tapi tidak shalat (matrapendidikan.com)

Kecuali bagi orang-orang yang tidak mampu secara ekonomi, cukup mengerjakan 3 rukun Islam saja. Yaitu syahadat, sholat, dan puasa. Yang namanya zakat dan haji, wajib dikerjakan bagi orang-orang yang mampu.

Kalau seandainya ada orang yang melaksanakan ibadah puasa, tetapi tidak mengerjakan sholat, apa hukumnya? Rasulullah saw. pernah berkata "Batas antara orang muslim dengan orang kafir adalah sholat".

Jadi, kalau seorang muslim berpuasa tetapi tidak mengerjakan sholat, maka dia termasuk golongan orang- orang yang kafir. Naudzubillah min zalik.

Sementara itu, Allah swt. juga berfirman yang artinya" Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan jangan kamu ikuti langkah- langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu". ( Q.S. Al-Baqarah; 208).

Adapun maksud dari ayat tersebut adalah, jika seseorang hanya  memilah dan memilih dalam hukum beragama, berarti dia jauh dari keimanan. Naudzubillah.

Nah, sobat. Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih. (*Penulis : Fauzia)

Posting Komentar