Anugrah Gelar Bagi Peserta Terbaik Masa PLS

Anugerah gelar bagi peserta terbaik masa pls – Ketika penutupan masa PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) diumumkan sepasang siswa peraih gelar “King dan Queen”. Gelar ini dalam bahasa Indonesia berarti “Raja dan Ratu”.

Contohnya di SMPN 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Penganugerahan gelar “King dan Queen” kepada peserta terbaik dalam mengikuti masa PLS (dulu MOS) sudah dilakukan dari tahun ke tahun. Boleh dikatakan sudah menjadi sebuah tradisi dalam setiap kegiatan masa PLS bagi peserta didik baru.

Foto : "King dan Queen" masa PLS tahun pelajaran 2017/2018 SMPN 2 Lintau Buo, Radar Mustika dan Defita Murniati, diapit oleh Hadi Rahim dan Refrimadona, S.Pd (matrapendidikan.com)

Gelar “King dan Queen” diberikan kepada siswa peserta PLS (dulu MOS) yang pantas menerimanya. Peserta yang berhak mendapat gelar ini adalah sepasang siswa yang dianggap terbaik oleh semua komponen di sekolah penyelenggara PLS.

Komponen penyelenggara dimaksud antara lain panitia PLS yang terdiri dari guru dan siswa, pembimbing PLS, pengurus OSIS dan unsur pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah.

#Menentukan peraih gelar “King dan Queen”

Bagaimana menentukan peserta yang mendapat gelar “King dan Queen”?. Panitia PLS memantau siswa peserta selama kegiatan PLS berlangsung. Pantauan ini secara langsung maupun tidak langsung.

Secara tidak langsung dilakukan dengan mendengarkan masukan dari pembimbing PLS tentang siswa peserta yang mengikuti masa PLS di ruang kelas maupun di luar ruangan kelas.

Dari hasil pantauan tersebut, panitia mendapat beberapa nama calon siswa penerima gelar “King dan Queen”  Selanjutnya panitia mengadakan musyawarah tentang kelayakan siswa peserta yang pantas mendapat gelar “Queen dan King” di antara sekian nama yang dicalonkan.

Dari hasil musyawarah tersebut diperoleh sepasang siswa peserta (putra dan putri) terbaik dalam mengikuti masa PLS. Peserta terbaik putra mendapat gelar “King” dan siswa peserta putri mendapat gelar “Queen”.

Kelak pada saat penutupan masa PLS akan diumumkan nama peserta sebagai “King dan Queen” pada tahun pelajaran bersangkutan.

#Kriteria gelar “King dan Queen”

Apa katagori atau kriteria penilaian gelar “King dan Queen” MPLS? Setiap sekolah akan memiliki kriteria tersendiri dalam menetapkan siswa peserta terbaik dan terpilih sebagai “King dan Queen”.

Hal ini tergantung pada program kerja panitia masa PLS di sekolah. Namun demikian kriteria tersebut tetap mengacu pada tujuan dan kegiatan masa PLS di sekolah. Misalnya, kedisiplinan siswa dalam mengikuti masa PLS, sikap dan tingkah laku siswa, keaktifan dan kreativitas siswa, dan lain sebagainya.
Simak juga : Masa PLS Bagi Siswa Baru di SMPN 2 Lintau Buo Resmi Ditutup
Demikianlah pembahasan sederhana tentang penganugerahan gelar “King dan Queen”  bagi peserta masa PLS di sekolah. Semoga menjadi inspirasi bagi anda. Terima kasih.

0 Response to "Anugrah Gelar Bagi Peserta Terbaik Masa PLS"

Posting Komentar