Bunga Pepaya Ternyata Kaya Nutrisi Penting Bagi Tubuh

Bunga Pepaya Ternyata Kaya Nutrisi Penting Bagi Tubuh

Bunga pepaya ternyata kaya nutrisi penting bagi tubuh – Pepaya merupakan salah satu tumbuhan penting bagi kehidupan. Semua bagian pepaya; akar, batang, buah, bunga dan daun, bermanfaat  bagi manusia. Baik untuk pencegahan maupun pengobatan berbagai penyakit dalam tubuh manusia.

bunga,pepaya,nutrisi
Foto : Bunga pepaya kaya nutrisi (matrapendidiakn.com)

Misalnya, getah daun pepaya dapat digunakan sebagai obat pereda sakit gigi. Buah pepaya yang sudah matang dapat dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut dan melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.

Bunga pepaya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alami dan kesehatan tubuh.Bunga pepaya dapat membantu melancarkan pencernaan. Pahit memang, tapi dengan cara pengolahan tertentu rasa pahit bunga pepaya dapat dikonsumsi dengan baik.

Misalnya, bunga pepaya diolah menjadi masakan anyang yang dapat membangkitkan selera makan dan enak dikonsumsi oleh anggota keluarga.

Dalam bunga pepaya terkandung zat dan nutrisi penting bagi tubuh. Bunga pepaya mengandung; karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Vitamin dalam bunga pepaya antara lain: vitamin A, B1 dan Vitamin C. Sedangkan mineral yang ada dalam bunga pepaya antara lain: zat besi, pospor dan kalsium.

Bunga pepaya mengandung zat senyawa antioksidan yaitu penangkal radikal bebas dalam tubuh. Senyawa radikal bebas akan merusak sel tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Senyawa antioksidan dalam bunga pepaya dapat mengurangi dampak radikal bebas terhadap sistem kekebalan tubuh.

Zat gizi yang terkandung dalam bunga pepaya memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh sehingga pencernaan menjadi lancar. Selain itu juga menambah nafsu makan.

Untuk mendapatkan bunga pepaya kiranya tidak terlalu sulit. Tanaman pepaya ini mudah tumbuh. Di pekarangan rumah atau di lahan kosong, pepaya dapat dibiakkan tanpa pembibitan atau perawatan berarti.

Jika tidak memiliki lahan, di pasar tradisional banyak dijual bunga pepaya ini. Tentu saja dengan harga murah. Sekarang bagaimana memanfaatkan bunga pepaya yang kaya nutrisi dan zat penting untuk kesehatan dan pengobatan.

Demikainlah pembahasan tentang bunga pepaya sebagai tanaman buah dan sayur yang penting bagi kehidupan..

Posting Komentar