Juli, Bulan Padat Kegiatan Bagi Kelas IX.B


Juli, bulan padat kegiatan bagi kelas IX.B – Hari pertama sekolah (HPS) tahun pelajaran 2017/2018 dimulai 10 Juli 2017. Pada HPS tersebut siswa kelas IX.B dibawah bimbingan wali kelas, Edy Samsul langsung kebut menyusun program dan rencana kegiatan.


HPS di sekolah diisi dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekoalh (PLS) bagi siswa baru. Kegiatan PLS berlangsung selama tiga hari. Kesempatan itu digunakan oleh wali kelas untuk menyusun program kelas, termasuk kelas IX.B.

Kegiatan pertama wali kelas dengan siswa kelas IX.B perkenalan dan menyusun program kegiatan. Langkah pertama adalah membentuk struktur pengurus IX.B. Wali kelas memberikan pencerahan pada pengurus kelas tentang tugas dan fungsi masing-masing pengurus.

Tanpa disangka sebelumnya, ternyata seorang siswa telah berani melanggar aturan dan disiplin kelas yang telah dirumuskan dan ditetapkan bersama. Tentunya aturan kelas dikembangkan dari aturan dan tata tertib sekolah.

Di minggu pertama sekolah, wali kelas sudah harus berpikir keras untuk mengatasi masalah siswa bolos tersebut. Tidak tanggung-tanggung, siswa tersebut berani selama 3 hari belajar berturut-turut untuk meninggalkan kelas selama jam belajar.

Pemanggilan tak resmi pun dilakukan. Maksudnya pemanggilan orangtua siswa tanpa melalui surat panggilan resmi. Berselang sehari, orangtua siswa bersangkutan datang ke sekolah. Selain bersilaturrahmi dengan orangtua siswa, pembicaraan tentang perilaku menyimpang siswa.

Minggu kedua, Senin 17 Juli secara diam-diam siswa kelas iX.B telah mempersiapkan  acara kecil-kecilan perayaan ulang tahun wali kelas. Hari sabtunya, sekolah mengadakan gotong royong massal.

Selain untuk membersihkan lingkungan sekitar kelas, siswa IX.B memiliki program pembenahan terhadap taman kelas. Kepada semua siswa IXB diberi tugas membawa bahan dan peralatan yang diperlukan.. Namun waktu yang singkat itu belum cukup untuk membenahi pagar taman kelas dengan bagus.

Minggu ketiga, ada dua kegiatan penting kelas IX.B, yaitu mendapat giliran untuk shalat berjamaah di Mushalla Nurul Ilmi SMPN 2 Lintau Buo. Kemudian Jumat, 28 Juli kelas IX B menjadi pelaksana kegiatan Muhadharah di sekolah.

Minggu keempat, Senin 31 Juli kelas IX B mendapat tugas menjadi pelaksana upacara bendera di sekolah. Kegiatan memerlukan latihan dan Rabu dan Sabtu dijadikan waktu untuk latihan bersama Passusbra SMPN 2 Lintau Buo.

Begitulah agenda kegiatan kelas IX.B di bulan Juli 2017  Cukup padat bukan? Namun demikian wali kelas telah berusaha untuk melaksankan kegiatan tersebut sebaik mungkin.

Sebagian agenda kelas IX.B tersebut akan dibahas pada artikel berikutnya.

0 Response to "Juli, Bulan Padat Kegiatan Bagi Kelas IX.B"

Posting Komentar