Melongok Persiapan MPLS di Sekolah

Melongok persiapan MPLS di sekolah – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2017/2018 di SMPN 2 Lintau Buo sudah berjalan. Menurut pengamatan di lapangan, pelaksanaannya berjalan lancar.

Bagaimana persiapan panitia MPLS dalam menyikapi kegiatan peserta didik baru di HPS ini? Persiapan kegiatan rutin tahunan sekolah ini telah dilakukan jauh hari sebelumnya.

persiapan mpls,panitia
Foto : Panitia memberikan pengarahan saat persiapan MPLS beberapa hari sebelum kegiatan inti (matrapendidikan.com)

Agaknya pihak sekolah tidak mau kecolongan dalam melaksanakan PLS sebagai pengganti istilah masa orientasi siswa (MOS). Maksudnya, PLS dipersipakan agar tidak mengarah pada perpeloncoan sebagaimana diamanatkan dalam Permendikbud RI Nomor 18 Tahun 2016.
Seperti pesan kepala sekolah kepada ketua panitia MPLS tahun pelajaran 2017/18, Wirdanengsih, S.Pd, panitia harus membaca dengan seksama butir-butir ketentuan dalam permendikbud tersebut.

Hindari hal-hal yang mengarah kepada perpeloncoan, mulai atribut sampai kepada model pelaksanaan MPLS, meskipun melibatkan senior peserta didik baru.

Pelaksanaan masa Pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) perlu dipersiapkan dengan matang. Persiapan itu sebenarnya sudah dimulai sejak berakhirnya masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2017/2018.

Beberapa hari sebelum dimulainya masa PLS, peserta didik baru telah dikumpulkan di sekolah. Mereka diberi arahan dan pra pelatihan yang berkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan MPLS di sekolah.

Ada banyak hal menarik dalam persiapan kegiatan masa PLS di sekolah. Peserta didik baru terlihat lucu-lucu. Dengan seragam putih-merah, tingkah laku semasa sekolah dasar masih terbawa-bawa.

Tugas panitia saat persiapan adalah bagaimana mengarahkan tingkah laku tersebut menjadi lebih baik dan sesuai dengan program masa PLS. Siswa diarahkan bagaimana berbaris dan berkomunikasi dengan sesama teman dan dengan guru.

Dengan bantuan beberapa guru dan siswa senior, peserta didik baru diarahkan untuk dapat mengikuti upaca pembukaan kegiatan MPLS. Selanjutnya mengikuti rangkaian kegiatan MPLS selama 3 hari berturut-turut.
Persiapan kegiatan MPLS oleh panitia seperti itu ternyata tidak menjadi sia-sia. Pembukaan dan hari pertama masa PLS berjalan lancar. Tentu saja, proses yang terarah dan terencana seperti ini perlu dikembangkan untuk masa-masa selanjutnya.

0 Response to "Melongok Persiapan MPLS di Sekolah"

Posting Komentar