Memetik Manfaat Persami Bagi Pramuka Penggalang

Memetik manfaat persami bagi pramuka penggalang – Kepramukaan merupakan salah satu bentuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan pramuka pada umumnya diminati oleh semua siswa karena memang sangat menyenangkan.

prosesi api unggun
Foto : Kegiatan api unggun tahap persami yang menarik bagi anggota pramuka (matrapendidikan.com)

Tidak terkecuali bagi siswa di sekolah dasar. Tingkatan pramuka di sekolah dasar dalam rentang usia 10 sampai 12 tahun dikenal dengan penggalang. Umumnya diikuti oleh siswa kelas 4 sampai dengan kelas 6.

A.Membentuk karakter yang baik

Seperti yang disampaikan oleh Rahmad Hidayatullah, Amd.Kom ketika membuka Persami pramuka gudep 684-685 pangkalan SDN 47 Pangian. Bahwa usia siswa dalam tingkatan pramuka penggalang merupakan saat yang tepat untuk pembentukan karakter yang baik pada anak.

Karakter baik dimaksud antara lain watak, kepribadian dan akhlak mulia. Melalui kegiatan persami akan terbentuk  nilai-nilai agamais, cinta tanah air, sopan santun, disiplin waktu dan patuh pada guru serta orangtua.

B.Melatih keterampilan motorik

anggota pramuka,penggalang
Foto : Anggota pramuka penggalang saat persami gudep 684-685 pangkalan SDN 47 Pangian (matrapendidikan.com)

Selain bermanfaat dalam pembentukan karakter baik, kegiatan persami pramuka akan bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik siswa.  Rangkaian kegiatan persami akan melatih ketangkasan fisik serta melatih kecakapan motorik siswa.

Ketangkasan fisik dan keterampilan motorik akan menunjang proses belajar siswa dalam kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler. Muaranya adalah prestasi belajar akademik dan non akademik yang memuaskan.
Demikianlah manfaat penting yang hendak dipetik dari kegiatan Persami bagi pramuka pengalang. Tentunya masih banyak manfaat lain yang dapat digali dan dipetik dari kegiatan Persami tersebut.

0 Response to "Memetik Manfaat Persami Bagi Pramuka Penggalang"

Posting Komentar