Pengertian dan Sifat Muatan Listrik

Pengertian dan sifat muatan listrik – Sahabat pelajar, pada kesempatan ini kembali kita belajar tentang konsep listrik statis, khususnya pengertian dan jenis-jenis muatan listrik.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang atom dan strukturnya dimana atom tersebut terdiri atas atom bermuatan positif dan bermuatan negatif.

pengertian,jenis,muatan listrik
Foto : Muatan listrik (pixabay.com)

A.Pengertian muatan listrik

Muatan listrik merupakan sifat atau muatan dasar yang dibawa oleh partikel dasar sehingga menyebabkan partikel tersebut mengalami gaya tarik atau gaya tolak.

Muatan listrik bersifat abstrak. Dapat dirasakan atau diketahui gejalanya namun tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Atau muatan listrik ibarat angin yang dapat dirasakan namun dapat dilihat gejalanya.

Muatan listrik dari suatu partikel dasar bisa berjenis positif dan negatif. Jika 2 benda memiliki muatan yang sama maka akan tolak menolak, dan akan tarik menarik jika muatannya berbeda.

Elektron bermuatan negatif dan proton bermuatan positif, apabila:

• Proton lebih banyak dari pada (>) elektron maka benda tersebut bermuatan positif.
• Proton lebih sedikit dari pada (<) elektron maka benda tersebut bermuatan negatif.
• Apabila proton (=) elektron maka benda tersebut tidak bermuatan {netral}.

B. Sifat-sifat muatan listrik

Sifat-sifat dari muatan listrik dapat dikemukakan sebagai berikut, yaitu:
      1.    Muatan sejenis akan tolak menolak dan muatan yang tidak sejenis tarik menarik.

    2.  Muatan listrik disimbolkan dengan huruf (c) dalam satuan coulomb. 1coulomb= 6,24×10 pangkat 18 (e). (e)=muatan proton. Muatan yang di kandung oleh 1 proton (1e) adalah 1,602×10 pangkat -19 elektron. Muatan yang dikandung oleh 1 elektron= -1,602×10 pangkat-19 coulomb.

      3.    Muatan listrik mirip dengan massa.

Ion adalah sekumpulan atom yang bermuatan listrik. Ion dapat bermuatan positif maupun negatif. Ion bermuatan negatif dapat menangkap satu atau lebih elektron dan disebut anion.

Sedangkan ion bermuatan positif adalah ion yang kehilangan satu atau lebih elektron dan disebut kation. Proses pembentukan ion disebut ionisasi.

Demikianlah pembahasan singkat tentang pengertian dan jenis muatan partikel listrik. Semoga bermanfaat bagi sahabat pelajar. (*Penulis : Firman Saputra)

0 Response to "Pengertian dan Sifat Muatan Listrik"

Posting Komentar