Pertemuan Pertama dengan Siswa

Pertemuan pertama dengan siswa – Ketika pertama kali masuk ke kelas, apa yang dilakukan oleh wali kelas dengan siswa bimbingannya? Tentu saja mengenal siswa bimbingannya di kelas bersangkutan. Bagaimana pun, siswa yang dihadapi sekarang berasal dari kelas sebelumnya yang berbeda.


Mungkin juga, wali kelas memperkenalkan diri sebagai wali kelas baru karena tidak pernah mengajar di jenjang kelas sebelumnya. Mungkin masih banyak siswa yang belum mengenal wali kelas baru tersebut.

Bagi yang pernah mengajar siswa sekarang di kelas sebelumnya, tentu perkenalan itu tak begitu diperlukan. Wali kelas justru mengenali data siswa bimbingannya yang diterima dari wakil kepala sekolah atau bagian administrasi sekolah.

Selanjutnya adalah membentuk struktur kelas. Struktur kelas adalah sususan organisasi kelas yang terdiri dari ketua dan wakil ketua kelas, sekretaris, bendahara kelas dan keamanan kelas.

Pemilihan dapat dilakukan secara dmokratis melalui pemberian suara oleh siswa kepada nama-nama yang sudah ditetapkan untuk calon pengurus kelas. Suara terbanyak akan menjadi ketua kelas, selanjutnya wakil ketua kelas,sekretaris dan bendahara kelas. Dua atu lebih menjadi keaman dan perwakilan kelas..

Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana penatan kelas. Dalam hal ini diperlukan inventarisir kebutuhan kelas yang tidak disediakan oleh sekolah. Misalnya, jam dinding, alas meja, bunga, serbek dan ember, dan lain sebagainya.

Berikutnya adalah pembagian tugas untuk membuat administrasi perlengkapan kelas seperti struktur kelas, daftar pelajaran, denah kelas dan daftar piket.

Penunjang semua persiapan administrasi di kelas adalah iuran anggota kelas. Ada iuran pangkal dan iuran bulanan. Besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan siswa.  Namun demikian, aktivitas penyiapan administrasi dan perlengkapan kelas tergantung pada iuran yang terkumpul oleh bendahara kelas.

Pada minggu kedua belajar efektif semua perlengkapan administrasi sudah harus selesai sehingga dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk keperluan pembelajaran.

Itulah kira-kira hasil pertemuan pertama antara wali kelas dengan siswa. Hal-hal lain yang dirasa perlu akan dibicarakan pada pertemuan berikutnya. Tentunya tidak menyita waktu wali kelas untuk mengajar di kelas tersebut.

0 Response to "Pertemuan Pertama dengan Siswa"

Posting Komentar