Selintas Kilas Tentang Atom dan Strukturnya

Selintas kilas tentang atom dan strukturnya – Anda mungkin sudah pernah, bahkan telah sering mendengar atau membaca kata; bom atom, jam atom dan lain sebagainya. Tentu akan muncul pertanyaan, apa itu atom?

Pada kesempatan ini kita akan membahas sekilas lintas tentang atom dan sesuatu yang berkaitan dengan pengertian atom itu sendiri. Makanya, simak terus pembahasan ini sampai tuntas.

model,struktur,atom

Atom berasal dari kata dari bahasa Yunani, yaitu atomos yang berarti tidak dapat dibagi lagi. Yang dimaksud disini adalah partikel zat paling kecil yang tidak bisa dibagi lagi dengan reaksi kimia biasa.


Namun dalam perkembangan ilmu pengetahuan selanjutnya atom dapat dibagi. Bahkan atom memiliki struktur tentu yang dapat diilustrasikan dengan istilah model struktur atom.

A.Struktur model atom

Dalam model atom tersebut dinyatakan bahwa atom terdiri atas inti atom (nukleon) dan kulit atom. Inti atom adalah bagian pusat atom bermuatan positif yang terdiri dari proton dan netron.

Kulit atom  (bagian luar) terdiri dari muatan elektron (muatan negatif). Kulit atom mengelililingi inti atom. Elektron bergerak pada kulit atom menurut lintasan tertentu. Elektron pada lintasan terluar disebut elektron bebas. Pernyataan ini dapat ditemukan dalam sejarah teori atom oleh Dalton dan Bohr.

B.Atom bermutan positif dan negatif

Atom dikatakan bermuatan bermuatan positif apabila kekuarangan elektron. Artinya, jumlah elektron lebih sedikit dari proton. Begitu juga sebaliknya. Atom dikatakan bermuatan negatif apabila mengalami kelebihan elektron.
Jika jumlah proton sama dengan jumlah elektron maka atom tersebut dikatakan netral (tidak bermuatan).

Atom yang paling sederhana adalah atom hidrogen (H) yang hanya terdiri dari satu proton dan satu elektron. Karena jumlah proton dengan elektron sama maka atom hidrogen dikatakan sebagai atom netral.

Sedangkan atom helium (He) terdiri dari 2 proton, 2 netron, dan 2 elektron. Karena jumlahnya sama maka atom helium juga dikatakan sebagai atom netral.
Berdasar teori atom, kita mengenal molekul, unsur dan senyawa. Zat padat, cair dan gas tersusun atas molekul-molekul. Molekul-molekul terdiri dari partikel kecil. Zat yang memiliki molekul dari atom-atom yang sama disebut dengan unsur. (*Penulis : Firman Saputra)

0 Response to "Selintas Kilas Tentang Atom dan Strukturnya"

Posting Komentar