5 Tips Alternatif Agar Siswa Tidak Telat Bangun Pagi

5 Tips alternatif agar siswa tidak telat bangun pagi – Apakah anda seorang siswa yang bermasalah dengan bangun pagi? Sering terlambat bangun sehingga berujung terlambat untuk datang ke sekolah? Bahkan, shalat subuh pun sering terlewatkan?

tips,terlambat bangun,bangun pagi
Foto: Ilustrasi bangun pagi (pixabay.com)

Terlambat bangun itu hal biasa. Namun terlalu sering telat bangun karena sudah menjadi kebiasaan, tentu saja kurang baik dan akan menimbulkan masalah. Apa lagi anda sebagai  seorang pelajar. Terlambat bangun menyebabkan terlambat datang di sekolah.

Anda akan diberi sanksi oleh guru di sekolah karena anda melanggar disiplin waktu. Kalau sering terlambat, orangtua anda akan dipanggil datang ke sekolah. Pekerjaan yang semestinya dikerjakan orangtua jadi terlantar gara-gara memenuhi panggilan pihak sekolah.

Untuk mengatasi masalah terlambat bangun memang tidak semudah membalik telapak tangan. Terlambat bangun termasuk kebiasaan. Sebagai mana lazimnya kebiasaan, maka kebiasaan itu dapat diubah meskipun secara berangsur-angsur.

Berikut ini 5 tips alternatif agar pelajar tidak sering terlambat bangun pagi:

1.Kemauan yang kuat

Agar tidak terlambat bangun dan terlambat sampai di sekolah memang dimulai dari diri siswa sendiri.Tanpa kemauan yang kuat, usaha apapun dilakukan akan sia-sia. Yang utama dulu ada kemauan untuk tidak terlambat bangun sehingga dapat ditempuh langkah-langkah positif mengatasi telat bangun pagi.

2.Motivasi bangun lebih cepat

Kalau terlambat bangun, pelajar telah meninggalkan suatu kewajiban yaitu shalat subuh. Maka bangun lebih awal menjadi cara terbaik untuk mendirikan shalat. Selain itu, bangun lebih awal memberi kesempatan kepada siswa untuk mengulang pelajaran. Waktu subuh menjadi salah satu waktu terbaik untuk mengulang pelajaran di rumah.
                         
3.Jangan sering tidur larut malam
Begadang memungkinkan pelajar untuk terlambat bangun pagi. Badan menjadi lemas sehingga sulit untuk terbangun pagi. Oleh sebab itu usahakan agar tidak sering tidur sampai larut malam.

3.Pasang alarm

Coba biasakan memasang alarm pada mobile seluler atau pun jam weker. Ini menjadi cara cukup bagus agar tidak telat bangun pagi. Dengan memasang alarm membantu siswa untuk bangun sesuai keinginan. 

Setel jam alarm pada pnsel, baik waktu penanda alarm maupun nada dan kekuatan bunyi alarm. Begitu pula dengan jam weker, dapat disetel waktu penanda alarm sesuai waktu bangun pagi yang diinginkan. 

4.Minta bantuan anggota keluarga

Maunya siswa kalau tidur lagi nyenyak tidak diganggu atau dibangunin. Tapi kemauan itu tak mungkin diturutkan sebagai seorang pelajar. Sebaliknya, justru pelajar yang meminta kepada kedua orangtua atau anggota keluarga lainnya untuk membangunkan pada jam-jam tertentu. 

Kedua orangtua siswa pasti cepat bangun sehingga bisa minta bantuan kedua orangtua untuk membangunkan pagi lebih awal. 

5.Minum air putih sebelum tidur

Minum air putih yang cukup sangat dianjutkan untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu minum air putih akan mencegah dehidrasi dan menjaga kestabilan suhu tubuh. Dengan demikian bangun tidur tidak terlalu lemas.
Simak juga : 6 Keuntungan Jika Anak Bangun Pagi Lebih Cepat
Demikianlah 5 tips alternatif agar siswa tidak telat bangun pagi. Semoga menjadi bahan inspirasi dan bermanfaat.

0 Response to "5 Tips Alternatif Agar Siswa Tidak Telat Bangun Pagi"

Posting Komentar