Wali Kelas Sebagai Wakil Orangtua Siswa

Wali kelas sebagai wakil orangtua siswa – Dalam manajemen pendidikan, orangtua siswa berperan penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Namun demikian peranan tersebut tidak dipraktikkan secara langsung. Orangtua siswa dapat mewakilkannya kepada wali kelas.

wali kelas,wakil orangtua,orangtua siswa

Wali kelas dapat melakukan bentuk berkoordinasi tertentu dengan orangtua dalam mendorong kemajuan belajar siswa. Begitu pula dalam menyelesaikan permasalahan belajar yang dialami oleh siswa.

Dapat dikatakan bahwa seorang wali kelas itu sebagai orangtua siswa kedua. Wali kelas dapat mewakili orangtua siswa dalam urusan kemajuan belajar siswa. Sehingga wali kelas memiliki peran ganda dalam pengelolaan pendidikan di sekolah.

Namun demikian segala urusan pendidikan anak tidak dapat diserahkan seratus porsen kepada wali kelas. Wali kelas dapat melakukan koordinasi langsung dengan orangtua. Hal ini dapat dibuktikan dengan pemanggilan orangtua oleh pihak sekolah melalui wali kelas.

Bukan hanya sekadar mengisi buku rapor

Menjadi wali kelas bukanlah pekerjaan yang ringan. Tugas wali kelas tidak hanya sekadar mengisi rapor dan membagikannya kepada orangtua siswa. Selain tugas administratif, tugas wali kleas bersifat bimbingan kepada siswa.

Bimbingan itu meliputi aspek akademik dan perkembangan kepribadian peserta didik yang menjadi bimbingannya. Tidak berlebihan jika dikatakan wali kelas itu menjadi orangtua siswa kedua setelah orangtuanya di rumah.

Sebagai wakil orangtua siswa, wali kelas harus memahami kondisi siswa secara mendalam. Mulai dari karakter dan kepribadian, kondisi sosial dan ekonomi orangtua siswa.

0 Response to "Wali Kelas Sebagai Wakil Orangtua Siswa"

Posting Komentar