Inilah 6 Camilan Dari Bahan Singkong

Inilah 6 Camilan Dari Bahan Singkong

Inilah 6 camilan dari bahan singkong – Ubi kayu alias singkong adalah tanaman umbi yang mudah ditemukan. Hal ini karena pembudidayaannya tidak sulit. Selain itu, di pasar tradisional pun bisa dijumpai bila tidak sempat menanamnya di pekarangan rumah atau kebun.

Di pekarangan sempit sekali pun, ubi kayu dapat  dibiakkan. Tanaman ubi kayu tidak membutuhkan perawatan seperti tanaman lainnya. Cara pembiakannya cukup dengan memotong batang kemudian ditanam. Ini dikenal dengan istilah stek batang.

Dengan latar belakang itulah, blog matra pendidikan sering mengetengahkan bahan makanan camilan yang berasal dari bahan singkong. Selain untuk melengkapi bahan camilan keluarga juga bernilai ekonomis jika dikembangkan lebih lanjut.

Sebagai review artikel kreativitas sebelumnya, disajikan  6 camilan dari bahan singkong yang patut dicoba untuk mengasah kreativitas siswa.  Di sekolah, mungkin sebagai ajang praktik sedangkan di rumah untuk pengembangan lebih lanjut di bawah bimbingan orangtua siswa.

1.Singkong goreng

singkong goreng
Foto : Singkong goreng (jateng.tribunnews.com)

Ini adalah makanan camilan yang paling ringkas cara membuatnya. Ubi kayu yang sudah dibersihkan, dibentuk atau dipotong sesuai keinginan kemudian digoreng. Makanya disebut dengan singkong goreng.  

2.Keripik singkong

keripik,singkong,balado
Foto : Keripik singkong balado (matrapendidikan.com)

Keripik singkong juga termasuk penganan camilan mudah untuk dibuat. Hanya saja, jika singkong goreng tidak menggunakan bumbu cabai maka keripik singkong dibumbui dengan cabai dan bumbu lainnya sesuai rasa yang diinginkan.

3.Tumbang ubi

tumbang ubi,singkong
Foto : Tumbang ubi (matrapendidikan.com)

Tumbang ubi adalah penganan singkong yang direbus lalu dibuat semacam adonan dan kemudian dicetak dengan bentuk tertentu. Selain garam juga diberi gula putih dan parutan kelapa.

4.Godok ubi

godok, godok ubi,singkong
Foto : Godok ubi (matrapendidikan.com)

Cara membuat godok ubi nyaris sama dengan tumbang ubi. Namun godok ubi digoreng setelah dibuat adonan dan diberi garam dan vanila. Setelah itu dilumuri gula pasir atau gula aren..

5.Lepat singkong

camilan,lepat singkong
Foto : Lepat Ubi (matrapendidikan.com)

Lepat ubi kayu merupakan penganan khas Minangkabau yang dibungkus dengan daun pisang. Selain bahan utama singkong, untuk membuat camilan ini dibutuhkan kelapa parutan, garam, gula aren dan vanila.

6.Kue talam singkong

kue,camilan,kue talam,singkong
Foto : Kue talam singkong (matrapendidikan.com)

Kue talam singkong dilengkapi dengan tepung beras pada lapisan atas. Untuk membuat kue talam singkong memang memerlukan bimbingan orangtua karena terdiri dari langkah pembuatan yang cukup panjang.

Seperti diketahui, 6 camilan tersebut di atas mengandung nilai ekonomi sehingga bila dikembangkan akan membantu jajan siswa maupun memenuhi kebutuhan pendidikan lainnya.

Demikianlah review 6 macam camilan yang dapat dibuat oleh siswa untuk mengasah kreativitas. Bukan mustahil, makanan camilan ini menjadi pilihan siswa dan guru di sekolah untuk praktik mata pelajaran muatan lokal (Mulok).

Terima kasih. Semoga menjadi bahan inspirasi bagi siswa maupun guru mata pelajaran Mulok di sekolah.

Posting Komentar