Keripik Singkong Balado Nan Renyah Kreasi Siswa

Keripik Singkong Balado Nan Renyah Kreasi Siswa

Keripik singkong balado nan renyah kreasi siswa – Keripik merupakan salah satu jenis makanan camilan. Banyak jenis keripik dan bahan dasar untuk membuatnya. Namun kali ini diketengahkan keripik singkong balado.

keripik singkong,keripik balado,kreasi siswa
Foto : Keripik singkong balado kreasi siswa melalui mata pelajaran muatan lokal keterampilan pertanian di sekolah (matrapendidiakn.com)

Sesuai namanya, keripik ini terbuat dari bahan singkong atau ubi batang. Ketela yng dikembangbiakan dengan mudah melalui stek batang,.pembudidayaan juga sangat mudah dilakukan baik di rumah maupun di sekolah.

Umbi ubi kayu dapat dibuat berbagai penganan tradisional Misalnya singkong goreng, singkong rebus, lepat ubi, godok ubi, dan lain sebagainya. Ini tergantung pada kreasi masing-masing orang.

Selain itu, ubi kayu dapat juga diolah menjadi makanan kering berupa keripik singkong. Suapaya lebih menyengat lidah pedasnya, keripik singkong diberi bumbu cabai.

Keripik singkong balado telah menjadi bahan olahan siswa di SMPN 2 Lintau Buo. Pemberdayaan lahan di sekitar areal gedung sekolah telah membuahkan hasil nyata. Singkong yang ditanam siswa di bawah bimbingan guru mata pelajaran muatan lokal (Mulok) Keterampilan Pertanian (KTP) H.Aditiawarman, diolah spesial oleh siswa di setiap kelas.

Salah satunya adalah hasi olahan siswa kelas IXB berupa keripik singkong balado. Ternyata buatan siswa ini cukup gurih dan renyah. Jika dikembangkan lebih lanjut melalui guru mata pelajaran atau para walikelas, bukan mustahil menjadi sumber pemasukan keuangan kelas di samping iuran yang mereka kumpulkan setiap minggu atau bulan. 

Dari lima kelas IX yang belajar KTP, semuanya menampilkan ciri dan cita rasa yang unik satu sama lain kelasnya. Ada yang diberi balado namun ada pula yang tidak. Ada nuansa rasa pedas ada pula seadanya.

siswa,menggali singkong,keripik balado
Foto : Siswa kelas IX.B sedang memanen singkong di belakang kelas untuk membuat keripik singkong balado (matrapendidikan.com)

Begitu pula penyajiannya, ada kelas yang menyajikan keripik singkongnya menggunakan kemasan plastik namun ada pula menggunakan wadah piring untuk dipersembahkan pada majelis guru di ruang guru.

Bahkan, admin matrapendidikan.com sempat ditawari untuk mencicipi keripik singkong ketika melewati beberapa kelas IX. Bukan menolak tawaran mereka , namun kondisinya tidak memungkinkan untuk mencobanya.

Ternyata, pemberdayaan areal sekolah melalui muatan lokal mata pelajaran KTP berpotensi untuk mengembangkan minat, bakat dan kreativitas siswa dalam berwira usaha. Tentu saja perlu pemikiran untuk pembinaan lebih lanjut agar potensi tersebut dapat dioptimalkan.

Posting Komentar