Menariknya Manjala Ikan Bilih di Sungai

Menariknya Manjala Ikan Bilih di Sungai

Menariknya menjala ikan bilih di sungai – Banyak cara untuk menangkap ikan di sungai atau kali. Namun cara yang digunakan tersebut tergantung kondisi arus atau aliran air dan jenis ikan yang ada di sungai tersebut.

menjala,ikan bilih,sungai
Foto : Ilustrasi gadis desa di pinggir sungai (pixabay.com)

Kita mengenal cara menangkap ikan dengan memancing. Menggunakan alat pancing yang terdiri dari joran, benang, mata kail dan umpan. Memancing ikan dilakukan pada kali yang berair dalam dan tenang.

Ada pula dengan cara menyetrum. Menggunakan alat setrum berupa dua joran berarus listrik searah. Arus penyetrum berasal dari baterai atau akumulator dengan voltage tertentu.

Menyetrum dilakukan pada kali berarus deras dan dangkal. Pada kondisi sungai seperti ini dapat pula menangkap ikan dengan cara melukah. Melukah yaitu menjebak ikan dengan alat lukah. Biasanya terbuat dari bambu yang diolah sedemikian rupa sehingga ikan masuk ke dalam lukah namun tidak bisa keluar lagi.

Menangkap ikan pada sungai berarus deras dan dangkal juga dapat dilagkukan dengan menjala. Cara ini menggunakan jala rajut .Namun perlu keterampilan menebar jala agar ikan terlingkup dalam bentangan jala.

Cara menangkap ikan dengan menjala ini adalah cara yang paling menarik bagiku. Kenapa tidak? Rumah orangtuaku tidak jauh dari pinggir aliran sungai kecil. Airnya deras dan dangkal. Ikannya kecil-kecil sebesar ibu jari. Namanya ikan bilih.

Di sungai kecil itu banyak terdapat ikan bilih. Sore hari adalah waktu yang bagus untuk menangkap ikan. Pada sore sampai malam hari, waktunya ikan bilih untuk nongol di aliran air atau di lekuk-lekuk tebing pinggiran sungai.

Tapi sayangnya, ketika sore itu pula banyak orang yang berdomisili di pinggiran sungai, mandi atau mencuci di pinggiran kali. Termasuk gadis-gadis cantik di desaku. Di tempat-tempat inilah, aku terpaksa keluar kali dan memintas ke arah hulu atau muara, menjauh dari tempat keramaian orang mandi dan mencuci.

Ikanbilih hasil tangkapan dengan menjala digunakan untuk keperluan keluarga. Namun ada yang dijual sehingga dapat uang jajan dan membayar uang sekolah serta membeli buku pelajaran.

Posting Komentar