Pisang Timbatu Rebus Produk Muatan Lokal di Sekolah

Pisang Timbatu Rebus Produk Muatan Lokal di Sekolah

Pisang timbatu rebus produk muatan lokal di sekolah - Sekolah yang berdomisili di areal cukup luas berpeluang untuk mengembangkan infrastrukur dalam rangka meningkatkan kualitas sekolah tersebut.

pisng rebus,pisang timbatu
Foto : Pisang timbatu rebus prosuk mata pelajaran muatan lokal di sekolah (matrapendidikan.com)

Namun tidak semata pengembangan infrastruktur yang mendapat perhatian dari pimpinan sekolah. Potensi sumberdaya alam, lingkungan sekitar sekolah, layak untuk dilirik dan diperhatikan.

Perhatian terhadap potensi lingkungan sekolah cukup beralasan. Potensi lingkungan alam sekolah berupa tumbuh-tumbuhan bersentuhan langsung dengan kegiatan pembelajaran siswa.

Terutama, mata pelajaran muatan lokal (Mulok) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Di ruang kelas, para siswa diberikan berbagai teori tentang keterampilan siswa di bidang pertanian maupun konsep tumbuhan.

Pisang timbatu merupakan salah satu hasil kreativitas siswa melalui mata pelajaran keterampilan pertanian (KTP). Pisang ini sudah ditanam sejak beberapa tahun yang silam dan berkembang sampai sekarang.

"Hasil panen pisang timbatu paling tidak dikonsumsi di sekolah oleh siswa maupun guru setelah diolah sedikit menjadi pisang resbus. Ini adalah hasil nyata kreasi siswa melalui mata pelajaran muatan lokal keterampilan pertanian" ujar H.Aditiawarman, guru Keteramplan Pertanian SMPN 2 Lintau Buo kepada admin matrapendidikan.com saat bincang-bincang menikmati pisang timbatu rebus, Sabtu (25/8).

Seperti diinfokan sebelumnya, siswa kelas IX telah memanen singkong (ubi kayu) di areal tanaman masing-masing kelas. Singkong tersebut diolah menjadi keripik singkong yang renyah. Hasilnya juga dinimati bersama oleh siswa dan para guru di sekolah itu.

Jika singkong dapat diolah menjadi berbagai macam camilan maka pisang juga demikian. Selain direbus jadi pisang rebus, pisang timbatu juga diolah menjadi camilan pisang goreng, lepat pisang dan lain sebagainya.

Posting Komentar