Tips Mengefektifkan Belajar Kelompok di Rumah

Tips Mengefektifkan Belajar Kelompok di Rumah

Tips mengefektifkan belajar kelompok di rumah – Banyak metode belajar yang dapat dilaksanakan oleh siswa. Salah satunya adalah metode belajar kelompok. Metode belajar ini dianggap bagus diterapkan di sekolah maupun di rumah.

Foto : Diskusi dalam kelompok (pixabay.com)

Dianggap bagus karena metode belajar kelompok mudah diterapkan dan memiliki manfaat penting bagi kemajuan belajar siswa. Manfaat belajar kelompok berkaitan dengan pengembangan berbagai pengetahuan, wawasan, sikap dan tingkah laku serta keterampilan siswa.

#Manfaat metode belajar kelompok

Manfaat belajar kelompok di rumah dapat dilihat dari aspek berikut ini:

1.Pemahaman dan penguasan materi pelajaran
Belajar kelompok di rumah berpotensi untuk mengembangkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah. Dalam suatu kelompok siswa, pemahaman dan penguasaannya akan berbeda. Melalui diskusi kelompok siswa dapat saling berbagi dan menyamakan pandangan terhadap materi pelajaran.

2.Kemampuan berkomunikasi
Metode belajar kelompok tidak luput dari unsur komunikasi dalam kelompok. Dalam mengerjakan tugas rumah atau memecahkan suatu persoalan belajar akan membutuhkan komunikasi antara satu dengan yang lainnya dalam kelompok.

Kemampuan berkomunikasi yang baik akan terlatih melalui pembiasaan yang dilakukan oleh siswa dalam kelompoknya. Komunikasi yang terjadi boleh saja dalam bentuk debat namun debat tersebut dilaksanakan secara sehat dan suasana gembira.

3.Sikap sosial dan gotong royong
Diskusi kelompok mengandung unsur sosial dan gotong royong. Dalam kelompok diskusi akan terjadi saling berbagi ilmu pengetahuan. Selain itu terdapat nilai sikap gotong royong dalam memecahkan persoalan belajar. Bekerja sama dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah.

#Mengefektifkan metode diskusi kelompok

Mengefektifkan metode belajar kelompok sangat penting dilakukan oleh siswa. Tujuannya agar belajar kelompok di rumah lebih tepat guna untuk mencapai tujuan diskusi kelompok.
Untuk mengefetifkan pelaksanaan metode kelompok diperlukan tindakan berikut ini:

   a).Anggota kelompok sebaiknya siswa dengan rumah tempat tinggal yang tidak terlalu berjauhan.
       b)    Jumlah anggota kelompok antara 3 sampai 5 siswa
       c)  Tetapkan batas waktu untuk berdiskusi agar diskusi berjalan tepat waktu
       d)    Memiliki skedul dan langkah diskusi kelompok, misalnya tahap pertama membaca materi  tugas, pembagian tugas, serta tahap diskusi
       e)   Sebaiknya melibatkan orangtua anak tempat dimana siswa berdiskusi.

Orangtua siswa yang jadi tuan rumah diskusi kelompk perlu memberikan motivasi dan fasilitas yang diperlukan anak untuk belajar dalam diskusi kelompok. Mendukung agar rumahnya menjadi tempat belajar bersama oleh anak .

Selanjutnya, orangtua perlu melakukan pengawasan terhadap anak yang belajar kelompok. Alasan yang logis adalah agar waktu belajar kelompok tidak dimanfaatkan oleh anak untuk kegiatan lain. Misalnya, ngegosip atau ngobrol ngelantur kemana-mana.

Demikianlah strategi mengefektifkan metode belajar kelompok di rumah. Semoga artikel ini menjadi bahan inspirasi bagi siswa maupun orangtua siswa.

Posting Komentar