Mengoleksi Andong Sebagai Tanaman Hias di Sekolah

Mengoleksi andong sebagai tanaman di sekolah -  Apakah di sekolah tempat anda mengajar atau belajar, sudah memiliki tanaman yang satu ini, hanjuang atau andong? Jika sudah, tentu anda tinggal merawatnya dengan baik. Tanaman dengan nama latin cordyline fruticosa ini ternyata multiguna.

andong,hanjuang,tanaman hias,sekolah
Foto : Mengoleksi Andong sebagai tanaman hias di sekolah (matrapendidikan.com)

Jika belum, mungkin ada baiknya anda baca artikel ini sampai tuntas. Hanjuang termasuk tanaman perdu (semak) dengan rangka daun menjari. Tingginya mencapai 2 meter atau lebih.

Andong termasuk jenis tanaman hias yang mudah dibudidayakan dengan stek batang. Dapat ditanam dalam pot atau kantong plastik (polibag). Dapat pula ditanam langsung di tanah.

Jika ditanam langsung di tanah, hanjuang menjadi tanaman hias sekaligus pagar hidup (pembatas) antara satu taman kelas dengan taman kelas lainnya. Dengan demikian, tanaman andong dapat menambah koleksi tanaman hias di sekolah tempat anda belajar.

Hanjuang atau andong tidak hanya sebagai tanaman hias di taman kelas. Ternyata tanaman ini juga dapat dijadikan obat. Misalnya mengobati wasir (ambeian), diare dan mengurangi rasa sakit digigit serangga.

Daun hanjunag mengandung zat anti radang, anti pembekakan dan penghilang rasa sakit. Zat utama dikandung daun hanjuang antara lain polisakarida, saponin dan steroida.

Setelah membaca uraian singkat di atas, anda sebagai guru maupun siswa mungkin terinspirasi untuk membudidayakan tanaman hanjuang atau andong sebagai koleksi taman hias di sekolah. Mudah-mudahan saja.

0 Response to "Mengoleksi Andong Sebagai Tanaman Hias di Sekolah"

Posting Komentar