Beginini Cara Mengolah Bahan Kerupuk Jengkol Agar Renyah dan Enak

Beginini Cara Mengolah Bahan Kerupuk Jengkol Agar Renyah dan Enak

Begini cara mengolah bahan kerupuk jengkol agar renyah dan enak – Bagi sebagian orang, jengkol (jariang, bahasa Minang) memang kurang disukai. Alasannya cukup masuk akal. Bahan makanan ini memiliki bau kurang sedap dan rasa kurang enak.

bahan kerupuk,kerupuk jengkol
Foto : Kerupuk jengkol mentah (matrapendidikan.com)

Namun bagi sebagian lagi, jengkol termasuk bahan makanan yang enak dan bau yang mempesona (?). Tanaman biji keping dua ini dapat diolah langsung menjadi masakan untuk teman makan nasi yang enak. Misalnya semur (kalio) jengkol, gulai jengkol, dan lain sebagainya.

Jengkol dapat juga diolah menjadi bahan makanan camilan. Dibuat dalam bentuk kerupuk agar tidak bosan dengan jengkol. Selain untuk mengubah nilai rasa, juga mereduksi bau jengkol yang kurang sedap.

Bahan kerupuk jengkol yang sudah diolah dapat digoreng dengan minyak goreng dan diberi bumbu cabai sehingga siap untuk dimakan bersama teman atau keluarga saat santai. Rasanya enak dan renyah dalam nuansa pedas. Inilah yang dikenal dengan kerupuk jengkol (karupuak jariang) rasa pedas.

Mengolah jengkol jadi bahan kerupuk
Pembahasan dalam artikel ini khusus bagaimana mengolah jengkol menjadi bahan kerupuk jengkol mentah. Yaitu bahan kerupuk jengkol yang berbentuk bulat lebar, pipih dan tipis

cara,mengolah,kerupuk jengkol
Foto : Mengolah kerupuk jengkol mentah (matrapendidikan.com)

Berikut ini cara mengolah jengkol menjadi bahan kerupuk jengkol ala Rahid Sikumbang dan keluarga:

1.Buka kulit jengkol, belah menjadi dua sehingga menjadi kepingan-kepingan buah jengkol dan bersihkan. Kemudian digoreng sampai matang dimana terlihat perubahan warna pada bagian jengkol

2.Kemudian direndam dengan air dingin, buang kulit ari jengkol dan tunggu sampai beberapa menit

3.Tiriskan kepingan jengkol sampai kering

3.Giling bagian jengkol perlahan-lahan dengan batu penggiling cabai hingga membentuk bulatan lebar, pipih dan tipis

4.Jemur bahan kerupuk jengkol sampai kering

5.Siap untuk digoreng dengan minyak goreng ditambah dengan bumbu cabe sesuai selera.

Bahan kerupuk jengkol akan bertahan lama apabila dijemur sampai benar-benar kering. Bahan ini dapat dibuat kerupuk jengkol yang sudah jadi setelah digoreng, secara berangsur-angsur dalam waktu lama.

Itulah cara mengolah jengkol menjadi bahan kerupuk jengkol. Semoga bermanfaat. (Kiriman : Rahid Sikumbang).

Posting Komentar