Mencicipi Lamang Tapai Ini Dijamin Lidah Akan Berdecak Nikmat

Mencicipi Lamang Tapai Ini Dijamin Lidah Akan Berdecak Nikmat

Mencicipi lamang tapai ini dijamin lidah akan berdecak nikmat  – Hari pertama di sekolah usai lebaran idul adha 1438 H. Rekan kami Hj.Nurmaiyaz, S.Pd sengaja membawa oleh-oleh spesial buat tenaga pendidik dan tenaga kependidikan ke sekolah. Apa lagi kalau bukan lamang tapai, penganan khas lebaran di Lintau dan Sumatera Barat umumnya.

lamang tapai,decak lidah,nikmat
Foto : Lamang tapai beras ketan ini akan membuat lidah anda berdecak nikmat (matrapendidikan.com)

Admin blog yang sedang anda kunjungi ini, mendapat jatah atau giliran pertama memperoleh sajian khas lamang tapai beras ketan hitam ini. Setelah dihidangkan oleh rekan guru lainya, admin menjadi tidak sabaran, berselera banget untuk mencicipinya.

Wow, bukan main nikmatnya! Lidah dibuat berdecak oleh nikmatnya lamang tapai beras ketan hitam buatan buk Hajjah ini.

Lamang dan Tapai

Bicara lamang tapai, pasti mempersoalkan dua penganan yang digabung jadi satu, two in one, gitu lho… lamang dan tapai. Lamang (lemang) terbuat dari beras ketan putih. Dimasukkan dalam batang talang (aur) kemudian didiang dengan api sampai matang.

Bisa juga dengan cara dikukus, dan ini lebih praktis. Beras ketan putih yang telah dicampur dengan bahan dan bumbu, seperti santan kelapa, damar, dan lain sebagainya.,Kemudian dibungkus dengan daun pisang, membentuk bulatan panjang dengan ukuran sesuai keinginan.

Sedangkan tapai (tape), juga terbuat dari bahan utama beras ketan. Biasanya dipilih beras ketan hitam sehingga disebut tapai beras ketan hitam. Tapai beras ketan dibuat melalui proses fermentasi menggunakan ragi.

Tapai beras ketan termasuk salah satu produk bioteknologi konvensional karena menggunakan mikroorganisme dalam proses pembuatannya. Untuk bahan praktik biologi, siswa dapat memilih tapai beras ketan hitam ini.

Posting Komentar