Mengenal Mozaik, Seni Rupa Dua Dimensi

Mengenal Mozaik, Seni Rupa Dua Dimensi

Mengenal mozaik, seni rupa dua dimensi - Seperti diketahui, ada 3 jenis bentuk dan hasil karya seni rupa, yaitu kolase, mozaik dan montase. Ketiga bentuk hasil seni rupa ini sudah dipelajari oleh siswa di taman kanak-kanak maupun di sekolah dasar.

mozaik,seni rupa,dua dimensi
Foto : Ilustrasi mozaik (pixabay.com)

Kolase adalah seni menempel potongan bahan/material di atas objek gambar yang sudah disiapkan sehingga bernilai artistik dan keterampilan. Penempelan material dengan menggunakan perekat di atas gambar yang dilukis dengan pewarna. Sebagai contoh kolase  yang sudah dibahas sebelumnya adalah kolase burung.

Sedikit beda dengan mozaik. Mozaik adalah seni rupa dua dimensi berupa kepingan bahan/material yang ditempel pada bidang datar yang belum diberi pola gambar bewarna.

Mozaik tidak dibentuk dari pola gambar yang dioles pewarna sebagaimana halnya kolase. Namun potongan-potongan bahan tersebut ditempel pada pola yang ada pada kertas tebal atau karton yang disediakan.

Jadi, mozaik merupakan salah satu bagian dari karya seni rupa dua dimensi berupa kepingan atau potongan bahan/material yang ditempel pada bidang datar. Bahan tersebut dapat berupa potongan kertas, kaca, kayu dan lain sebagainya yang disusun dan direkatkan pada bidang datar sehingga membentuk sebuah gambar artistik.

Demikianlah sepintas tentang mozaik sebagai karya seni dua dimensi. Pada artikel selanjutnya akan diberikan contoh dan cara membuat mozaik untuk anak di sekoalh dasar.

Posting Komentar