Ratusan Siswa Nonton Bareng Film Dokumenter

Ratusan siswa nonton bareng film dokumenter – Ratusan siswa SLTP/MTs di Kecamatan Lintau Buo mengadakan acara nonton bareng film dokumenter di aula SMKN 1 Lintau Buo, Kamis (27/9). Sehari sebelumnya, kegiatan nonton bareng oleh tingkat SD khusus kelas 6 di tempat yang sama.

nonton bareng,nobar,siswa
Foto : Sesudut suasana siswa nonton bareng film dokumenter di aula SMKN 1 Lintau Buo (matrapendidikan.com)

Para siswa tingkat SD/SLTP/MTs tersebut masing-masing didampingi oleh seluruh guru di sekolah tersebut, termasuk kontributor Refrimadona, S.Pd dan admin matrapendidikan.com, Uda Awak. Dalam hal ini, para guru mewakili orangtua siswa dalam mendampingi anak menonton film doku drama sejarah tersebut.

Kegiatan nonton bareng alias nobar digelar kerja sama pihak Koramil Lintau Buo dengan UPTD Pendidikan Lintau Buo. Salah seorang anggota Koramil Lintau Buo, Serma Hendrik Gaba menyampaikan kata pengantar sesaat akan dimulai pemutaran film, bahwa film dokumenter ini mengingatkan siswa pada sejarah bangsa Indonesia.

Sementara itu, H.Erizal, S.Pd Kepala UPTD Kecamatan Lintau Buo dalam hantaran katanya menyampaikan agar siswa memperhatikan dengan baik dan mencatat inti sari berupa resume film tersebut.

Semangat generasi muda

Siswa SMPN 2 Lintau Buo mendapat giliran nobar pada hari kedua, tahap kedua bersama SMPN 1 Lintau Buo. Sementara sebelumnya pada tahap satu giliran siswa dari MTsN 9 Tanah Datar. 

Sekitar tigaratusan siswa SMPN 2 Lintau Buo, berjalan kaki dalam keadaan hujan gerimis menuju lokasi nonton bareng yang berjarak lebih kurang 600 meter. Begitu pula dengan siswa MTsN 9 Tanah Datar berjalan kaki dari sekolah menuju lokasi nobar dalam suasana cuaca cukup terik.

Masyarakat di sepanjang jalan menuju lokasi Nobar di SMKN 1 Lintau Buo merasa kagum dengan semangat anak sekolah sebagai generasi muda untuk menonton film dokumenter sejarah.

Nobar masa lalu

Kegiatan nonton bareng siswa film dokumenter bukan hanya sekarang diadakan. Dulu tahun 1984, nonton bareng film Penumpasan Penghianatan G 30 S/PKI juga pernah diadakan bagi anak sekolah.

Tahun 1984, ketika film itu baru diproduksi, siswa SMP/SMA diwajibkan nonton film tersebut. Bahkan nonton film tersebut di bioskop-bioskop yang ada di kota kabupaten. Tentu saja para siswa harus bayar karcis untuk bisa masuk bioskop. Tidak seperti sekarang, bisa nonton gratis.

Tujuan nonton film tersebut untuk mengingatkan siswa akan peristiwa bersejarah bagi bangsa indonesia. Selain itu sebagai upaya guru untuk lebih memahami materi mata pelajaran Sejarah perjuangan Bangsa (PSPB).

Film Penumpasan Penghianatan G30S/PKI merupakan jenis film dokudrama.yang diproduksi tahun 1984 oleh produser G.Dwipayana dengan bintang utama Amoroso Katamsi, Umar Kayam dan Syubah Asa. Film tersebut akhirnya ditayangkan di TVRI, setiap tahunnya tanggal 30 September malam.

0 Response to "Ratusan Siswa Nonton Bareng Film Dokumenter"

Posting Komentar