Wabup Buka MTQ Nasional ke- 2 Kecamatan Lintau Buo di Nagari Taluak

Wabup buka MTQ nasional ke- 2 tingkat kecamatan lintau buo di nagari taluak – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke- 2 Tingkat Kecamatan Lintau Buo di Nagari Taluak dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma, Jumat (22/9).

sambutan,pembukaan,wakil-bupati
Foto : Wabup Zuldafri darma memberikan sambutan sebelum membuka Kegiatan MTQ Nasional 2 Tingkat Kecamatan Lintau Buo di Nagari Taluak (matrapendidikan.com)

Kontributor matrapendidikan.com, Hadi Rahim dan Refrimadona, S.Pd menginfokan, di hadapan ratusan masyarakat yang memadati halaman Kantor Wali Nagari Taluak, Wabup melepaskan balon ke udara sebagai tanda dimulainya pelaksanaan MTQ Nasional ke- 2Tingkat Kecamatan Lintau Buo di Nagari Taluak.

pelepasan balon,dimulainya MTQ
Foto : Pelepasan balon ke udara oleh Wabup pertanda dimulainnya MTQ di Nagari taluak (matrapendidikan.com)

Acara pembukaan tersebut dimeriahkan dengan tarian kolosal yang menarik perhatian para undangan dan ratusan masyarakat Nagari Taluak dan sekitarnya. Tarian kolosal dipersembahkan oleh siswa dan remaja yang berkolaborasi membentuk pola menarik.

Seperti info Hadi Rahim, dari berbagai sambutan diperoleh kesimpulan bahwa antusias masyarakat Lintau Buo melebihi kecamatan lain jika ditinjau dari kemeriahan pada acara pembukaan MTQ Nasional ke- 2. Selain itu pemahaman dan pengamalan agama cukup mengegmbirakan di Kecamatan Lintau Buo

Pemahaman adat dan agama masyarakat bergandeng dengan misi dan visi kabupaten Tanah Datar. Oleh sebab itu, pembangunan agama menajdi prioritas utama di kabupaten luhak nan tuo ini.

Seperti diketahui, Kecamatan Lintau Buo akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional Tingkat kabupaten Tahun 2018 mendatang.  Target 5 besar minmal harus diraih oleh Kecamatan Lintau Buo pada MTQ Nasional Tingkat Kabupaten.

MTQ Nasional II Tingkat Kecamatan Lintau Buo memperlombakan 7 cabang, yaitu Tilawah (Masjid Raya Taluak), Tartil Qur’an (Masjid Nurul Huda), Hifzil Qur’an (Masjid Nurul Falah), Sharhil Qur’an (Surau Tolang), Kotbah Jumat (Surau Al Ikhlas), Khatil Qur’an (SDN 43 Tigo Tumpuk) dan fahmil Qur’an (SDN 02 Aliran Sungai).

Sedangkan mimbar utama di Kantor Wali Nagari Taluak dan tempat istirahat kafilah di SDN 13 Beringin Sakti.

Pawai Kafilah MTQ
Sementara itu, sehari sebelum acara pembukaan, telah diadakan kegiatan pawai kafilah 4 utusan nagari di Kecamatan Lintau Buo. Keempat kafilah tersebut masing-masing tuan ruamh Nagari Taluak, Tigo Jangko, Pangian dan kafilah Nagari Buo.

pawai,kafilah,mtq
Foto : Pawai salah satu rombongan kafilah MTQ Nasional 2 Tingkat Kecamatan Lintau Buo (matrapendidikan.com)

Pawai dimulai dari Lapangan Sepak Bola Simpang Kulit Manis Aliran Sungai Taluk berakhir di Masjid Raya Taluk. Pelepasan Peserta Pawai dialkukan oleh Camat Kecamatan Lintau Buo, Zulkifli, S.Sos.

Pawai kafilah MTQ ini bertujuan untuk memeriahkan kegiatan MTQ Nasional 2 Tingkat Kecamatan Lintau Buo di Nagari Taluak.  Selain itu juga untuk menyemarakkan penyelenggaraan kegiatan MTQ di Nagari taluak.

0 Response to "Wabup Buka MTQ Nasional ke- 2 Kecamatan Lintau Buo di Nagari Taluak"

Posting Komentar