Warga Taluk Tumpah ke Jalan, Pawai Obor Meriah

Warga taluk tumpah ke jalan, pawai obor meriah – Sekitar seribuan warga masyarakat di Nagari Taluk Kecamatan Lintau Buo tumpah ke jalan untuk meramaikan kegiatan Pawai Obor. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Tahun Baru 1 Muharram 1439 H, Kamis (28/9).

warga tumpah,pawai obor,meriah
Foto : Suasan malam pawai obor membentuk pola nyala obor yang unik. Perhatikan pola nyala obor dari depan ke belakang (matrapendidikan.com)

Kontributor Hadi Rahim dan Refrimadhona, S.Pd serta admin matrapendidikan Uda Awak turun ke lapangan menyaksikan langsung prosesi pawai obor. Starting pawai di mulai dari depan Masjid Nurul Huda Jorong Tigo Tumpuak Taluk dan finish di halaman Kantor Wali Nagari Taluk.

peserta,pawai obor,remaja masjid
Foto : Salah satu peserta pawai obor dari remaja masjid di Nagari Taluk (matrapendidikan.com)

Peserta pawai obor terdiri dari murid TPA/TPSA dari berbagai surau dan masjid yang ada di Nagari Taluk. Mereka menggunakan seragam TPA/TPSA masing-masing surau dan masjid. Peserta pawai obor juga dikuti oleh organisasi remaja seperti Gerema (Gerakan Remaja Masjid) dan Grup Randai Anggun nan Tongga Nagari Taluk.

Kemeriahan pawai obor

Susana dingin dan jalan basah semakin menambah kemeriahan pawai obor. Dari jarak yang cukup jauh, terlihat cahaya yang berasal dari obor berkelap-kelip bak bintang di langit. Ini terjadi karena disfersi cahaya oleh sisa bintik air hujan yang membasahi bumi.

Uniknya, makin dekat ke arah lokasi finish, barisan peserta pawai obor semakin panjang. Hal ini disebabkan sistem pelaksanaan pawai obor, dimana di pinggir jalan setiap surau dan masjid, sudah menunggu peserta pawai baru dari TPA/TPSA surau dan masjid tersebut. Peserta ini bergabung menyambung barisan bagian belakang, begitu seterusnya.

semangat remaja,remaja masjid
Foto : Semangat remaja masjid untuk memperingati Tahun Baru Hijriyyah 1439 (matrapendidikan.com)

Pawai tidak hanya diikuti oleh murid TPA/TPSA. Orangtua murid  dan masyarakat yang berdomisili di pinggir jalan raya dilalui peserta pawai juga tumpah ke pinggir jalan untuk menyaksikan deretan peserta pawai yang memegang obor.

Selain itu, di bagian belakang barisan peserta pawai obor, ratusan kendaraan bermotor bergerak perlahan mengikuti langkah peserta pawai, termasuk admin matrapendidikan.com.

Berkumpul di halaman kantor wali nagari

Peserta pawai didampingi guru/pengurus TPA/TPSA berkumpul di tengah lapangan Kantor Wali Nagari Taluk menghadap pentas yang sudah dipersiapkan panitia.

lautan manusia,berkumpul
Foto : Peserta pawai obor berkumpul di halaman Kantor Wali Nagari Taluk membentuk pola lautan manusia (matrapendidikan.com)

Sementara itu penggiring pawai obor dan masyarakat di sekitarnya berdiri mengelilingi kumpulan peserta pawai obor sehingga membentuk lautan manusia di sela-sela nyala obor.

Seperti diketahui, lokasi ini juga dijadikan sebagai mimbar utama MTQ Nasional II Tingkat Kecamatan Lintau Buo beberapa hari yang lalu. Nagari Taluk menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ dimana acara pembukaan dan penutupan MTQ diadakan di halaman Kantor Wali Nagari ini.

Nagari Taluk harus puas di tempat ketiga dalam MTQ Nasional tersebut. Oleh sebab itu, peserta MTQ harus lebih giat lagi untuk menyongsong MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2018 mendatang yang dilaksanakan di kecamatan Lintau Buo.

0 Response to "Warga Taluk Tumpah ke Jalan, Pawai Obor Meriah"

Posting Komentar