3 Pertanyaan Ini Mungkin Wajib Anda Ajukan Pada Anak

3 Pertanyaan Ini Mungkin Wajib Anda Ajukan Pada Anak

3 Pertanyaan ini mungkin wajib anda ajukan pada anak – Orangtua mana yang tidak memiliki kepedulian pada anaknya. Semua orangtua pasti mempunyai perhatian terhadap anak, baik yang masih bersama di rumah maupun yang jauh dari rumah.

berkomunikasi,anak,jauh
Foto : Ilustrasi berkomunikasi dengan anak yang jauh (pixabay.com)

Perhatian terhadap orangtua terwujud dalam bentuk pemenuhan kebutuhan jasmani maupun rohani. Termasuk di dalamnya kebutuhan akan biaya pendidikan anak. Semua itu bertujuan untuk menciptakan suasana dimana anak dapat belajar dengan tekun di sekolah maupun di perguruan tinggi.

Perhatian orangtua belum akan lepas bila anak-anak sudah jauh dari rumah. Jauh dari rumah karena melanjutkan pendidikan di tempat lain. Orangtua tidak dapat bertemu muka setiap hari dengan anak karena mereka tinggal di tempat kost. Kalau pulang ke rumah, itu dalam waktu tertentu. Sekali seminggu atau sekali sebulan.

Ketika anak tinggal di tempat kost, otomatis tanggung jawab orangtua dalam pengawasan diserahkan smeentara kepada pemilik kost. Orangtua tidak mungkin memantau dan mengawasi anak setiap hari.

Namun demikian secara periodik, orangtua dapat memantau keadaan anak melalui sarana komunikasi yang ada saat ini. Orangtua dapat berkomunikasi melalu telepon seluler, percakapan langsung maupun melalui media sosial yang ada.

Ketika anda sebagai orangtua menghubungi anak atau dihubungi oleh anak, pertanyaan apakah yang perlu anda ajukan? Tentu saja banyak sekali. Namun 3 pertanyaan ini mungkin wajib anda ajukan kepada anak:

1.Apakah anak ada mendirikan shalat?

Kita yakin bahwa anak anda adalah anak yang rajin shalat, baik wajib maupun shalat sunat. Namun demikian ketika memulai pembicaraan ada baiknya anda ajukan pertanyaan ini. Kenapa?

Anda adalah orangtua yang peduli dengan kewajiban anak terhadap Allah SWT. Dengan bertanya seperti itu maka anak akan memahami, ternyata orangtuanya adalah seorang yang taat melaksanakan shalat. Orangtua tidak mau kalau anaknya tidak shalat atau lalai mengerjakan shalat wajib.

2.Apakah anak anda sehat?

Pertanyaan kedua yang mungkin wajib anda ajukan adalah tentang kesehatannya. Bagaimana pun kesehatan itu sangat berharga apalagi bagi anak yang sedang belajar di sekolah maupun di perguruan tinggi.

Sebagai orangtua tentu saja anda akan mengingatkan anak agar selalu menjaga kesehatan. Istirahat dan tidur yang cukup, berolajhraga, mengkonsumsi makanan seimbang dan minum air putih yang cukup.

3.Bagaimana kemajuan belajar anak anda?

Ketika mengajukan pertanyaan ini, anak anda mungkin akan bercerita panjang. Bercerita tentang pengalamannya mengikuti pelajaran di sekolah atau mengikuti perkuliahan. Keluhan anak dalam belajar mungkin akan diceritakannya kepada anda. Nah, disinilah kesempatan anda memainkan peranan dalam prestasi belajar anak, menjadi orangtua motivator.

Demikianlah 3 pertanyaan yang mungkin wajib anda ajukan ketika berkomunikasi dengan anak anda yang jauh dari rumah. Selain menunjukkan bentuk perhatian kepada anak juga memungkinkan orangtua untuk membantu persoalan belajar/perkuliahan sang anak.

Posting Komentar