Buah Pepaya dan Bagian-bagiannya

Buah Pepaya dan Bagian-bagiannya

Buah pepaya dan bagian-bagiannya – Anda pasti sudah mengenal apa dan bagaimana buah pepaya. Bahkan anda sendiri sering mengkonsumsi buah pepaya sebagai pencuci mulut dan pelengkap nutrisi bagi tubuh anda. Tidak itu saja, buah pepaya juga anda tanam di kebun atau pekarangan rumah.

pepaya,buah pepaya,bagian pepaya
Foto : Pepaya dan bagian-bagiannya (matrapendidikan.com)

Secara morfologi, tanaman pepaya terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan buah. Namun pembahasan kali ini lebih spesifik, tentang buah pepaya. Bagian buah pepaya terdiri dari kulit buah, daging buah dan biji.

1.Kulit buah

Kulit pepaya muda berwarna hijau pekat dan pepaya yang sudah masak berwarna kuning orange. Kulit buah sangat tipis dan membungkus daging buah. Namun kulit buah ini akan dikupas ketika hendak mengkonsumsinya.

2.Daging buah

Daging buah pepaya yang sudah masak akan berwarna kuning orange sehingga dapat memancing selera untuk mengkonsumsinya. Rasanya manis dan banyak mengandung air.

Daging buah pepaya banyak mengandung nutrisi, diantaranya karbohidrat, berbagai vitamin dan mineral. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pepaya untuk melancarkan proses pencernaan sehingga BAB jadi lancar.

3.Biji

Ketika hendak mengkonsumsi buah pepaya, kulitnya dikupas dan dibuang. Begitu pula bijinya cukup banyak dalam rongga lunak Kebanykakan orang membuang bijinya karena belum mengetahui manfaat dan khasiatnya.

Biji pepaya juga digunakan orang untuk perawatan dan pengobatan. Misalnya untuk membantu pencernaan, mengobati sirosis hati bahkan untuk mengatasi uban.

Demikianlah info tentang buah pepaya dan bagian-bagiannya secara morfologi. Mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan siswa maupun guru mata pelajaran IPA Biologi. 

Posting Komentar