Catatan Tentang Pelaksanaan Seminar PTK Guru

Catatan tentang pelaksanaan seminar ptk guru – Tidak mudah memang, melaksanakan kegiatan PTK  (Penelitian Tindakan Kelas), menyusun laporan sampai desiminasi laporan kegiatannya dalam sebuah seminar ilmiah. Namun motivasi yang kuat dari seorang guru, tiga tahap dalam kegiatan PTK tersebut berhasil diselesaikan dengan baik.

catatan,seminar,PTK guru
Foto : Ilustrasi catatan sebuah seminar (pixabay.com)

Hal itulah yang dialami oleh rekan kami, Wirda Nengsih, S.Pd, guru mata pelajaran IPA di SMPN 2 Lintau Buo. Dari seminar ilmiah laporan hasil kegiatan PTK di sekolah tersebut, Rabu (11/10) memang  perlu waktu, kegigihan dan biaya yang tak boleh dibilang kecil.

Ada tiga langkah dalam sebuah PTK, yaitu melaksanakan kegiatan PTK, menyusun laporan dan mendesiminasikan laporan kegiatan. Pelaksanaan PTK di ruang kelas telah dimulai dengan menemukan adanya masalah dan merumuskannya dalam bentuk proposal. Selanjutnya melaksanakan kegiatan penelitian minimal dua siklus kegiatan.

Jika dirasa sudah kelar tahap selanjutnya adalah menyusun laporan hasil kegiatan PTK sebagai bentuk pertanggungjawaban ilmiah kegiatan penelitian yang dilaksanakan.

Jika landasan guru melaksanakan kegiatan PTK hanya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, tahap kegiatan PTK sudah cukup sampai disana. Tidak demikian jika landasan guru, juga untuk memperoleh angka kredit dari kegiatan pengembangan profesi untuk kenaikan pangkat guru.

Memenuhi hal tersebut, laporan kegiatan PTK guru harus didesiminasikan di hadapan peserta seminar ilmiah. Teknik pelaksanaan seminar sudah ditentukan sedemikian rupa sehingga laporan PTK guru benar-benar dapat diterima dan memenuhi kriteria penilaian pengembangan profesi dari kegiatan ilmiah guru.

 ****

Diketahui sudah kalau seminar PTK di SMPN 2 Lintau Buo baru pertama kali diadakan dan Wirda Nengsih, S.Pd adalah perintisnya. Dapat dimaklumi kalau kegiatan seminar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan yang pantas diacungkan jempol adalah cara rekan kami tersebut memaparkan laporan hasil kegiatan PTK di depan peserta seminar. Ringkas, padat dan lugas. Begitu pula dalam menanggapi pertanyaan, saran dan kritik peserat seminar. Dapat dijawab dan dijelaskan dengan bagus.

Kekurangan yang dapat teramati adalah tahap pelaksanaan kegiatan seminar tidak banyak melibatkan notulen seminar. Semestinya, selesai kegiatan diskusi/tanya jawab, notulen membacakan kesimpulan hasil kegiatan seminar yang perlu didengar oleh peserta seminar. Tahap ini penting sekali agar peserta seminar lebih memahami hasil kegiatan seminar.

Namun demikian kekurangan itu dapat dimaklumi mengingat keterbatasan waktu. Atau mungkin juga karena moderator terlupa untuk memberi kesempatan pada notulen. Sukses buat Wirda Nengsih, S.Pd, moderator dan notulen serta panitia penyelenggara seminar Laporan Hasil Kegiatan PTK guru di SMPN 2 Lintau Buo.

0 Response to "Catatan Tentang Pelaksanaan Seminar PTK Guru"

Posting Komentar