5 Ciri Guru yang Sukses dalam Mengajar

5 Ciri Guru yang Sukses dalam Mengajar

5 Ciri guru yang sukses dalam mengajar – Semakin tidak mudah untuk menjadi seorang guru yang sukses mengajar di tengah era milenium sekarang. Padahal, beberapa dekade belakang, menjadi guru sukses itu tidak begitu rumit.

guru,sukses,mengajar
Foto : Ilustrasi guru sukses mengajar (pixabay.com)

Ada apa gerangan dengan era milineal ini? Dinamika perkembangan zaman menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan di sekolah maupun di lingkungan keluarga. Perkembangan produk teknologi informasi dan komunikasi membuat guru (termasuk orangtua) harus berpikir keras untuk menghadapi anak terutama pada usia sekolah.

A.Kemajuan produk teknologi

Peserta didik tidak semata mengharapkan informasi pengetahuan dari lembaga sekolah. Mereka dapat mengakses informasi tersebut dengan mudah melalui gadget dan perangkat lainnya.

Materi pelajaran yang akan diterangkan oleh guru esok hari akan dapat diakses oleh anak hari ini. Semua disiplin ilmu dari berbagai mata pelajaran sudah tersedia di internet.  Melalui gadget dan perangkat akses lainya, peserta didik bisa memperoleh semua itu dengan mudah.

Kemajuan produk teknologi akan menyebabkan guru tidak dapat lagi mengandalkan dirinya sebagai sumber informasi satu-satunay bagi anak didik. Oleh sebab itu para guru juga harus menggeser perannya dari seorang pengajar menjadi seorang pembelajar sekaligus motivator belajar.

Guru perlu memanfaatkan produk teknologi komputer dan jaringan untuk belajar dan mengakses sejumlah pengetahuan untuk ditranfer ke peserta didik.

Kemajuan produk teknologi juga mengharuskan guru untuk mendorong anak belajar serta menyediakan fasilitas untuk belajar. Fasilitas belajar tidak hanya fasilitas fisik di sekolah. Lebih luas adalah memberi kemudahan atau jalan bagi anak untuk mengakses informasi pengetahuan sesuai dengan disiplin ilmu yang diajarkan.
Simak : Pendidikan Komputer dan Internet di Sekolah

B.Batasan sukses mengajar

Hakikat guru sukses mengajar di era milenial jauh beda dengan era sebelumnya. Dulu, guru sukses mengajar itu sering dimaknai sanggup mengelola kelas dengan baik. Siswa belajar dengan tenang di ruang kelas.

Melipat tangan di atas meja. Serius mendengar penjelasan guru di depan kelas.Tidak ada yang membuat keonaran di kelas. Tidak ada yang berani membantah guru. Apalagi minta permisi meninggalkan kelas dan tidak kembali.

Akan tetap dalam praktiknya sekarang, guru yang mampu seperti itu akan sulit ditemui. Kalau pun ada, itu pun terjadi pada sekolah yang berlabel unggul atau favorit. Bagaimana dengan sekolah reguler yang berada di pinggiran kota, di pedesaan atau di daerah terpencil sekalipun?

Ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru yang benar-benar berminat jadi guru sejak awal. Tantangan disini adalah tantangan menarik yang perlu dihadapi dan dijalani oleh guru tersebut dengan sejumlah kompetensi tertentu.

C.Ciri guru sukses mengajar

Guru yang sukses mengajar bersifat relatif. Sukses adalah aspek kualitas yang tak mungkin dilabeli dengan angka pasti. Oleh sebab itu, berdasarkan batasan sukses mengajar di era sekarang, maka ciri guru sukses dalam mengajar dideskripsikan sebagai berikut:

1.Dapat beraudiensi dengan siswa
Di lingkungan sekolah, kadang-kadang guru tidak lagi sempat untuk beraudiensi dengan peserta didik karena kesibukan dan keterbatasan waktu. Selain karena jumlah jam mengajar yang banyak, guru juga disibukkan dengan perangkat pembelajaran. Semua aktivitas ini menyita waktu dan energi guru.

Selain dari kesibukan guru, ada pula penyebabnya karena keengganan siswa untuk beraudiensi dengan gurunya. Aktiviats siswa juga tak kalah padatnya di sekolah. Waktu tersedia untuk beraudiensi dengan guru juga terbatas.

Kalau pun ada siswa dan guru terlihat beraudiensi, itu pun karena anak bermasalah dengan guru tersebut selama pembelajaran. Bertukar pikiran dan diskusi umumnya tidak sempat lagi.

Oleh sebab itu, salah satu ciri guru yang sukses mengajar adalah guru yang memiliki kesempatan berkomunikasi dua arah dengan audiensnya. Tema belajar dalam kelas ikut terbawa dalam percakapan antara guru dan siswa di luar ruang kelas.

2.Mengelola kelas dengan efektif
Dinamika pergaulan sosial siswa akan terbawa-bawa ke dalam ruangan kelas. Obrolan siswa kadang-kadang tidak ada kaitannya dengan pelajaran di sekolah. Hal itu tidak mustahil terbawa ke ruang kelas ketika guru sedang mengajar.

Ketika guru menjelaskan pelajaran, siswa juga asyik ngobrol dengan teman terdekat tempat duduknya. Yang lebih serius lagi justru siswa membuat keonaran sehingga kelas menjadi riuh.

Maka ciri guru sukses mengajar adalah siswa yang mampu mengelola kelas dengan efektif. Mengelola kelas dengan efektif artinya menciptakan suasana kelas yang bisa mendukung terlaksananya pembelajaran dengan optimal.
Simak juga: Strategi Mengelola Kelas dengan Baik

3.Menggunakan multi-metode
Pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas tidak cukup menggunakan satu metode saja sebagaimana lazimnya ditulis guru dalam perangkat mengajarnya. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana karakter materi pelajaran yang yang akan diajarkan. Artinya, metode yang digunakan sesuai dengan karakter materi pelajaran.

Selain karakter materi pelajaran, karakter siswa pun perlu dipahami oleh guru. Justru yang lebih penting adalah bagaimana karakter peserta didik yang dihadapi. Kenapa? Karakter materi bersifat konstan, artinya dapat diprediksi dan bersifat tetap. Namun karakter siswa bersifat berubah.

Sering guru merasa kecolongan karena metode mengajar tidak sesuai dengan yang ditulis dalam perangkat mengajar. Guru memaksakan agar metode tersebut ter;laksana. Namun kondisi pembelajaran tidak memungkinkan. Suasana kelas cukup gerah sehingga siswa gelisah di dalam kelas.

Oleh sebab itu ciri guru sukses mengajar adalah guru yang mampu mengadopsi berbagai metode (multi-metode) dalam pembelajaran. Guru tidak terikat oleh metode yang tertulis di buku perangkat mengajar.

4.Optimis dan antusias mengajar
Sulit menemukan seorang guru yang tidak pernah menghadapi kendala dalam mengajar. Hal ini mengisyaratkan bahwa mengajar itu tidak luput dari berbagai permasalahan.

Permasalahan itu berasal dari diri guru sendiri maupun dari luar dirinya. Permasalahn dari diri guru antara lain kemampuan berbahasa, berkomunikasi dan penguasaan materi pelajaran.

Sementara itu, permasalahan dari luar diri guru antara lain keterbatasan sarana dan prasarana penunjang pelajaran, karakter peserta didik dan kebijakan pimpinan di tingkat sekolah.

Oleh sebab itu guru sukses mengajar adalah guru yang selalu optimis dan antusias dalam menghadapi poeserta didik. Ini adalah unsur penting dimiliki guru disamping kompetensi (kemampuan) lainnya 

5.Evaluasi terhadap kemajuan mengajar
Ciri guru sukses terakhir yang akan dibahas adalah guru yang selalu mengevaluasi hasil pekerjaannya. Eavaluasi disini bukanlah evaluasi terhadap proses dan hasil belajar siswa. Menilai hasil pekerjaan siswa setelah ujian.

Eavaluasi terhadap pekerjaannya adalah sejauhmana keberhasilan pembelajaran yang dijalankan guru serta hasil yang diperoleh.

Setelah evaluasi adalah tindak lanjut hasil evaluasi kinerja guru. Jika teknik dan metode mengajar yang digunakan guru ternyata kurang efektif maka berikutnya guru akan mencoba teknik dan metode lain.

Nah, proses evaluasi seperti itu lebih dikenal dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Guru melaksanakan PTK seyogyanya tidak semata untuk memenuhi kebutuhan administrasi kenaikan pangkat/jabatan ke tingkat yang lebih tinggi.

Justru setiap guru akan melaksanakan kegiatan PTK dalam rangka evaluasi terhadap pelaksanaan mengajar sekaligus evaluasi perkembangan belajar siswa. Untuk melengkapi bacaan, mungkin perlu disimak yang ini!
Baca juga : Tujuan dan Manfaat PTK Bagi Guru

Posting Komentar