5 Indikasi Orangtua yang Sukses dalam Mendidik Anak

5 Indikasi Orangtua yang Sukses dalam Mendidik Anak

5 Indikasi orangtua yang sukses dalam mendidik anak – Banyak orang beranggapan, orangtua yang sukses dalam mendidik anak adalah orang tua yang berhasil menghantarkan anaknya menjadi sarjana dan berhasil dalam karir.

orangtua,sukses,mendidik,anak
Foto : Ilustrasi orangtua mendidik anak (pixabay.com)

Anggapan itu tidak salah, namun tidak juga benar seluruhnya. Hakikat orangtua sukses mendidik anak bersifat relatif. Tergantung dari sudut mana orang tersebut memandang. Namun demikian secara universal, sukses mendidik menyangkut dalam berbagai aspek.

Seorang anak taat beribadah, santun bersikap dan bertingkah laku serta memiliki kecakapan untuk mengatasi masalah hidup dan kehidupan. Berkaitan dengan ini, paling tidak ada 3 pertanyaan yang perlu diajukan:

1.Apakah anak taat beribadah dan berbuat kebaikan?

2.Apakah anak-anaknya memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai untuk menjalani hidup dan kehidupannya?

3.Apakah sang anak didikan orangtua bersikap dan bertingkah laku yang baik, berbudi pekerti mulia?

4.Apakah anak memiliki kecakapan dalam hidup sehingga ia mampu mengatasi masalah hidup dan kehidupan?
5.Apakah anak memiliki kepedulian sosial terhadap lingkungan sosial pergaulannay?

Jawaban pertanyaan di atas terindikasi dari berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi orangtua sukses mendidik anak tercermin dalam hal-hal berikut ini:

1.Taat beribadah

Orangtua yang sukses mendidik anak akan menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan pada anak sejak dini. Jika sudah tertanan hal ini sejak awal maka anak akan taat beribadah. Melaksanakan kewajibannya sebagai manusia disi Allah SWT.

2.Berwawasan luas

Anak yang dididik oleh orangtua memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Hal ini karena orangtua selalu menanamkan kebiasaan belajar, membaca dan berdialog tentang sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan.

3.Sopan dan santun

Anak wajib menghormati orangtua. Bahkan tidak hanya orangtua sendiri melainkan juga orang lain seusia atau lebih tua dari orangtuanya. Oleh sebab itu sikap dan tingkah laku santun selalu dipakai dalam pergaulan sehari-hari. Anak bertutur kata lemah lembut kepada orang lain.

4.Cerdas dan tangkas

Orangtua yang sukses mendidik anak terlihat dari indikasi anak yang cerdas dalam berpikir dan tangkas dalam bertindak dalam mengatasi masalah hidup dan kehidupan sehari-hari. Anak mampu mengatasi masalah secara mandiri

5.Kepekaan sosial

Anak yang baik juga perlu memiliki kepekaan sosial. Hal ini terindikasi melalui sikap sosial dan simpati terhadap lingkungan sosial dimana ia berada. Jika anak adalah orang berpendidikan tinggi dan sukses berkarir, anak akan menunjukkan kepekaaan sosial yang tinggi.

Tentu saja kepedulian sosial itu didasari oleh niat yang tulus dan ikhlas sehingga menjadi amal saleh baginya.

Demikianlah pembahasan tentang indikasi orangtua yang sukses dalam mendidik anak. Semoga menjadi bahan inspirasi bagi pembaca khususnya orangtua anak dan para pendidik..

Posting Komentar