Kegiatan PTK itu Tidak Terlalu Sulit Koq?

Ptk itu tidak terlalu sulit koq? -  Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar, Rosyid Mahmudi, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan PTK itu bukanlah hal sulit untuk dilaksanakan oleh guru. Setiap guru mata pelajaran dan bimbingan dapat melaksanakan kegiatan PTK.

rosyid mahmudi,kegiatan ptk,tidak sulit
Foto : Rosyid Mahmudi, S.Pd, M.Pd pengawas pendidikan (matrapendidikan.com)

Hal itu disampaikan mantan guru berprestasi dan kepala sekolah tersebut saat menyampakan tanggapan pada Seminar PTK Guru di SMPN 2 Lintau Buo, Rabu (11/10).

Apa yang disampaikan Rosyid tersebut cukup beralasan. PTK adalah kegiatan penelitian yang dilakukan guru sebagai peneliti internal. Kegiatan penelitian berjalan bersamaan dengan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas.

PTK berawal dari permasalahan yang dirasakan guru dalam menjalankan kegiatan pembelajaran. Permsalahan tersebut menyangkut proses pembelajaran maupun hasil dari pembelajaran tersebut.

Hal penulisan makalah, menurut Rosyid Mahmudi, S.Pd, M.Pd, tidak terlalu banyak koq. Yang membuat makalah hasil PTK menjadi tebal hanyalah lampiran dan bukti fisik berkaitan dengan kegiatan penelitian yang dilakukan guru.

Oleh sebab itu kepada guru yang sudah melaksanakan kegiatan PTK diminta untuk membantu rekan lainnya dalam melaksanakan kegiatan PTK.

Sementara itu admin matrapendidikan.com berpendapat, yang disampaikan oleh pengawas dinas pendidikan ada benarnya. Persoalan yang sering melanda guru dalam melaksanakan kegiatan PTK bukan semata masalah teknis pelaksanaan kegiatan PTK.

Soal PTK bukan hal yang baru dalam dunia pendidikan Indonesia. Setiap guru telah diberi pembekalan dalam seminar, penataran dan pelatihan tentang PTK.  Jenis penelitian ini diadop dalam pembelajaran di sekolah Indonesia sejak tahun 1998 lalu.  

Ada beberapa alasan yang sering mengemuka dalam melaksanakan kegiatan PTK akhir-akhir ini bagi sebagian guru. Keterbatasan waktu karena banyaknya beban mengajar guru, prosedur melaksanakan PTK, kemampuan menulis makalah, menyajikan makalah pada seminar dan biaya dalam meyelesaikan sebuah PTK..

Alasan tersebut bersifat relatif. Seorang guru yang memenuhi persyaratan tertentu, seperti bahan pengajuan untuk jadi kepala sekolah, guru teladan atau guru berprestasi, mengikuti program kualifikasi guru, dan lain sebagainya. Guru berhasil melaksanakan kegiatan PTK, menyusun dan mempresentasikan hasil karyanya tersebut.

0 Response to "Kegiatan PTK itu Tidak Terlalu Sulit Koq?"

Posting Komentar