Menciptakan Lingkungan Nyaman di Sekolah

Menciptakan Lingkungan Nyaman di Sekolah

Menciptakan lingkungan yang nyaman di sekolah – Siswa dapat belajar dengan baik apabila tercipta lingkungan sekolah yang nyaman. Nyaman tidak hanya lingkungan fisika. Namun yang tak kalah penting adalah lingkungan non fisik berupa lingkungan sosial pergaulan di sekolah.

menciptakan,lingkungan,nyaman
Foto : Dari lingkungan yang nyaman diharapkan lahir sesuatu yang luar biasa dari siswa (matrapendidikan.com)

Dari lingkungan sekolah yang nyaman seperti ini akan tercipta pada diri siswa sesuatu yang luar biasa dan membanggakan siswa, guru dan orangtua siswa. Demikian intisari amanat pembina upacara pada upacara bendera rutin di SMPN 2 lintau Buo, Senin (16/10).

Pada kesempatan itu, Nefrida selaku Wali Kelas IX.A bertindak sebagai pembina upacara dan siswa kelas IX.A sebagai petugas pelaksana upacara bendera. Lingkungan pergaulan yang nyaman bersumber dari akhlak dan budi pekerti siswa.

Para siswa harus mengubah sikap untuk selalu menghormati guru. Bagaimana pelajaran akan dipahami apabila siswa selalu membuat keributan saat guru menerangkan pelajaran. Kadang-kadang suara guru ketika mengajar dikalahkan oleh suara siswa sehingga konsentrasi guru terganggu dalam mengajar.

Selain menciptakan lingkungan sosial yang nyaman, menghormati guru, pembina upacara juga mengamanatkan supaya siswa bersifat saling menolong antara sesama siswa di sekolah.

Sikap salng tolong menolong tak kalah penting artinya dalam menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman. Tolong menolong dalam arti positif antar siswa akan menciptakan nuansa sosial yang lebih menyenangkan.

Kepedulian siswa dalam berinteraksi sosial dengan teman, saling menghargai dan menghormati guru menjadi hal penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, kata Nefrida menyimpulkan di akhir amanat pembina upacara.   

Posting Komentar