Ini Penyebab Ngantuk Saat Belajar dan Cara Mengatasinya

Ini penyebab ngantuk saat belajar dan cara mengatasinya – Kamu termasuk siswa yang sering atau selalu ngantuk ketika belajar di rung kelas? Kalau iya, mungkin kamu perlu membaca artikel penyebab dan cara mengatasi ngantuk ini sampai tuntas. Siapa tahu masalah kamu dapat teratasi.

tips,cara,mengatasi,ngantuk,belajar
Foto :Ilustrasi belajar (pixabay.com)

Yang perlu kamu ketahui lebih dulu adalah faktor penyebab kamu sering ngantuk ketika belajar. Kalau frekuensi ngantuk saat belajar masih tahap kadang-kadang, itu masih normal. Hampir semua siswa pernah merasakan ngantuk. Hanya saja frekuensinya saja yang berbeda. Ada yang sering atau selalu ngantuk kalau sudah belajar.

#Penyebab sering ngantuk dalam belajar

1.Kurang tidur
Kurang tidur karena sering begadangi, pasti menyebabkan kamu akan lelah dan tak bersemangat. Akibatnya kamu jadi ngantuk. Kalau guru yang ngajar saat itu tidak galak menurut kamu, pasti sudah merebahkan kepala di meja belajar sampai keluar ir seleranya.

Bagaimana kalau gurunya galak? Kamu pasti tak berani seperti itu. Jalan keluarnya hanyalah keluar kelas… dan tak kembali lagi. Tapi untuk guru tertentu, kamu mungkin harus waspada. Guru tertentu mungkin membuat aturan khusus bagi yang izin meninggalkan kelas.

2.Cuaca di ruang kelas
Cuaca di ruang kelas akan membuat ngantuk. Apalagi mendekati waktu belajar jam sepuluh ke atas. Tidak hanya pada ruang kelas yang ber-AC atau kipas angin. Ruang kelas dengan cuaca agak panas dapat membuat kamu ngantuk.

3.Tidak sarapan
Penyebab lain yang tak kalah penting penyebab kamu ngantuk adalah tidak sarapan atau tidak jajan yang cukup. Kamu tidak sempat sarapan dengan berbagai alasan, kemudian berangkat sekolah dengan keadaan perut kosong. Rencana kamu jajan di sekolah. Tapi waktu untuk jajan yang cukup terbatas. Akhirnya jajan seadanya.

Belajar dalam keadaan perut lapar dan kekurangan tenaga menyebabkan kamu jadi ngantuk. Sebaliknya, sarapan berlebihan atau jajan berlebihan pun membuat kamu jadi ngantuk. Otomatis konsentrasi belajar jadi buyar.

4.Minat belajar
Kalau memang minat belajar kamu rendah, justru hal ini paling berpengaruh terhadap kondisi belajar. Tidur yang cukup, cuaca yang nyaman dan sarapan yang cukup belum berarti apa-apa kalau minat belajar rendah. Kamu akan malas, bosan belajar dan ini akan mendorong kamu untuk ngantuk.

5.Pembelajaran
Kamu merasa pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas kurang menarik? Sudah pasti kamu akan ngantuk, atau akan sering minta izin meninggalkan kelas. Sekali lagi diingatkan, guru tak akan mengizinkan muridnya sering permisi meningalkan kelas. 

Nah, di antara 5 penyebab di atas, nomor berapa yang menjadi penyebab kamu sering ngantuk selama belajar? Tentunya kamu harus jujur mengakui yang mana penyebab kamu sering ngantuk.

Dari 5 penyebab siswa sering ngantuk seperti uraian di atas, berikut ini akan dibahas alternatif solusinya. Teruskan membacanya, ya? Oke, berikut solusi mengatasi penyebab sering ngantuk dalam belajar.

#Cara mengatasi sering ngantuk dalam belajar

1.Niat
Langkah utama yang perlu kamu lakukan agar tidak sering ngantuk belaajr adalah memperbaharui kembali niat. Kalau tidak kamu lakukan, apapapun solusinya akan sulit diterapkan.

Kamu harus berniat untuk mengikuti pelajaran dengan baik agar mendapatkan sesuatu yang harus kamu bawa pulang dan persembahkan pada orangtua di rumah. Apa itu? Hasil belajar berupa ilmu pengetahuan dan nilai yang harus diperlihatkan pada orangtua di rumah.

Sadarilah, orangtua kamu pasti berharap agar kamu rajin belajar di sekolah dan memperoleh nilai yang membanggakannya. Makanya, perbaharui niat untuk belajar dengan baik dan membahagiakan orangtua.

2.Tidur yang cukup
Tidur yang cukup artinya tidak tidur sampai larut malam. Mungkin bagi kamu tidur yang baik itu paling lambat pukul sepuluh malam. Kemudian bangun subuh, beribadat dan mengulang pelajaran. Bagi yang suka begadang, kurangi kebiasaan tersebut agar tubuh kamu tidak letih sebaliknya akan sehat dan bugar.

Kalau tidurnya cukup niscaya rasa ngantuk siang hari akan berkurang. Sebab kamu merasa segar dan bugar sehingga siap menerima pelajaran dari guru.

3.Izin ke luar kelas
Meninggalkan kelas saat pembelajaran berlangsung tidak dilarang asal mengikuti aturannya. Pas terasa ngantuk, silahkan minta izin meninggalkan kelas. Di luar silahkan mencuci muka, menggerak-gerakkan badan di tengah sinar matahari, dan lain sebagainya. Jika dirasa sudah terasa segar dan tak ngantuk lagi kembalilah ke ruang kelas.

4.Aktif belajar
Bertanya atau menjawab pertanyaan adalah pertanda kamu aktif dalam belajar di ruang kelas. Cara ini akan menghilangkan rasa ngantuk selama belajar. Sebab, bertanya atau pun menjawab petanyaan akan membuat pikiran dan fisik akan aktif.

5.Sarapan yang cukup
Sarapan itu penting untuk menjaga stamina siswa selama belajar. Sarapan yang cukup kemudian jajan yang memadai akan mengurangi rasa ngantuk dalam belajar. Sarapan maupun jajan hendaknya makanan dan minuman yang sehat dan mengandung unsur nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

5 Cara di atas dirasa cukup untuk mengatasi masalah sering ngantuk selama belajar di sekolah. Semoga berhasil.

0 Response to "Ini Penyebab Ngantuk Saat Belajar dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar