Ruang Kelas Bersih, Siswa Betah Belajar

Ruang Kelas Bersih, Siswa Betah Belajar

Ruang kelas bersih, siswa betah belajar – Pernahkah Anda sebagai siswa merasakan dimana kondisi cuaca panas, lantai ruang kelas kotor dan susunan meja dan tidak teratur? Apakah anda merasa nyaman dengan kondisi ruang kelas seperti ini?

ruang kelas,belajar,nyaman
Foto : Ilustrasi ruang belajar yang nyaman (pixabay.com)

Tentu saja, suasana dan kondisi ruang kelas seperti itu akan membuat Anda tidak betah belajar. Otak malas berpikir dan perasaan menjadi tidak nyaman. Kalau sudah begini, mana mungkin materi pelajaran yang disampaikan guru akan masuk ke dalam otak dan pikiran?.

Nah, agar anda merasa betah dan nyaman belajar di ruang kelas, masing-masing siswa di eklas itu perlu mengambil tindakan nyata.  Yang pertama sekali, semua warga kelas itu memiliki komitmen dan kepedulian terhadap kebersihan dan kerapian ruang belajar.

Jangan hanya mengharapkan piket harian saja untuk menjaga kebersihan ruang kelas dan kerapian meja maupun kursi belajar. Piket harian bertugas sebelum pelajaran dimulai. Lantai maupun jendela kaca sudah dibersihkan sehingga bebas dari debu dan kotoran lainnya. Begitu pula meja dan kursi belajar tersusun rapi.

Tapi setelah pembelajaran berlangsung, sering terjadi kondisi ruang kelas berubah menjadi tidak bersih, tata letak meja ataupun kursi belajar menjadi kacau. Bahkan di lantai terdapat sampah, terutama sampah plastik makanan yang tidak dibuang pada tempat yang disediakabn.

Sekali lagi, setiap siswa perlu menunjukkan komitmen dan kepeduliannya terhadap kenyamanan ruang kelas belajar. Jangan tunggu dulu disuruh oleh guru atau wali kelas untuk mengerjakannya. Masing-masing siswa selalu memperhatikan, apakah di sekitar tempat duduknya ada sampah atau susunan meja dan kursi tidak rapi.

Ingat, ruang kelas yang selalu bersih dari sampah, tata letak meja dan kursi teratur, akan membuat suasana nyaman dan menyenangkan. Belajar di ruang kelas yang bersih dan rapi akan membuat struktur otak menjadi aktif, perasaan jadi nyaman dan ujung-ujungnya siswa akan betah belajar.

Mudah-mudahan artikel sederhana ini menjadi perhatian dan diterapkan oleh siswa di kelasnya masing-masing.

Posting Komentar