Seleksi Alam Terhadap Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup

Seleksi Alam Terhadap Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup

Seleksi alam terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup – Kelangsungan hidup suatu jenis makhluk hidup, selain dengan cara beradaptasi terhadap lingkungan dan habitatnya, juga dengan cara menjalani proses seleksi alam.

hewan,badak,bercula
Foto : Ilustrasi seleksi alam (pixabay.com)

Pembahasan dalam artikel ini merupakan lanjutan konsep pelajaran IPA Semester Ganjil Kelas IX SMP/MTs sebelumnya tentang kelangsungan hidup makhluk hidup. Adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungannya merupakan cara utama kelangsungan hidup suatu jenis makhluk hidup.

Kelangsungan hidup suatu jenis makhluk hidup tidak terlepas dari ketersediaan makanan, parasit, pemangsa, wabah penyakit, suhu lingkungan dan lain sebagainya. Proses seleksi alam terhadap perubahan spesies makhluk hidup ini terjadi dalam waktu yang yang cukup lama

Jumlah ketersediaan makanan yang terbatas akan menyebabkan terjadinya persaingan antara satu jenis makhluk hidup dengan jenis makhluk lainnya. Makhluk hidup yang ‘cerdas’ dan kuat akan mampu memenangkan persaingan dalam memperoleh makanan. Sedangkan yang kalah akan mati dan paling tidak terpaksa mengungsi ke tempat lain yang belum tentu sesuai dengan habitanya.

Jenis makhluk hidup yang telah punah karena seleksi alam antara lain dinosaurus. Jenis hewan ini punah karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan alam yang terjadi.

Di Indonesia, badak Jawa dan badak Sumatera juga mengalami kepunahan. Mengapa? Salah satunya adalah karena hilangnya hutan dataran rendah sebagai habitat badak. Selain itu juga karena perburuan yang dilakukan terhadap badak. Cula badak dijadikan sebagai bahan dasar untuk pengobatan.

Posting Komentar