Tampilan Sitelink Google Berubah?

Tampilan sitelink google berubah? – Tampilan sitelink google agak sedikit berubah pada daftar hasil pencariannya. Hal ini terungkap ketika admin sore ini mengetikkan kata kunci pada mesin pencari di browser komputer.

sitelink google,tautan situs,perubahan
Foto : Perubahan pada sitelink google (matrapendidikan.com)

Karena penasaran, admin mencoba situs lain, seperti Viva, Klikmania, dan Portal Uang. Ternyata kejadiannya sama. Ketiga situs tersebut mengalami perubahan tampilan sitelinknya.

Tampaknya, tampilan sitelink google kali ini kurang bagus. Fontasinya terlalu kecil dan sulit dibaca, terutama bagi pengguna yang sudah berumur sekian puluh tahun. Rata-rata orang dewasa akan mengalami hipermetropi sehingga kesulitan membaca tulisan dengan fonts yang terlalu kecil.

Lain halnya untuk anak-anak dan kaum remaja umumnya, barangkali tidak menjadi permasalahan dengan tampilan fonts seperti itu.

Sitelink (tautan situs) yang tampil di bagian bawah kotak pencarian adalah daftar beberapa link hasil pencarian google. Tujuan google memberi ‘hadiah’ pada situs tertentu tidak lain untuk mempermudah pengguna.

Mempermudah pengguna untuk menelusuri atau menavigasi situs tersebut lebih jauh dalam waktu yang singkat. Mempermudah dalam pengertian ini adalah menghemat waktu dalam menelusuri informasi yang ada dalam situs bersangkutan. Menghemat waktu juga akan berhubungan dengan paket data yang digunakan oleh pengguna internet.

Oleh sebab itu pengguna internet ingin lebih cepat dalam mengakses internet namun informasi yang diperoleh cukup banyak. Inilah keuntungan bagi situs yang sudah memperoleh sitelink dari google.

Diyakini, untuk memberi sitelink kepada situs yang dianggap bermanfaat bagi pengguna. Oleh sebab itu google akan menemukan tautan situs yang baik. Maka cukup beralasan mengapa sitelink sebuah situs ada yang berubah-ubah. Bahkan hilang seluruhnya atau sebagian sebagaimana dialami oleh blog yang anda kunjungi ini.

Tentu saja, blogger perlu meningkatkan kualitas tautan situs, terutama sekali internal link yang ada pada laman blog. Mungkin dengan menciptakan internal link berupa teks singkat dan tidak terjadi pengulangan. Ini  akan memperkuat google untuk menampilkan tautan situs blog tersebut.

Semua blogger sudah paham, untuk memperoleh ‘hadiah’ sitelink google tidaklah mudah. Bagi Matra Pendidikan memperoleh sitelink dari google adalah sebuah fenomena Oleh sebab itu, kalau sudah memperolehnya, tentu kita berusaha untruk menjaganya. Salah satu tindakan yang mempengaruhi jumlah tautan situs suatu blog adalah kebiasan mengubah template.

Matrapendidikan.com termasuk blog yang sering berganti template sehingga jumlah tautan situs dari google berubah-ubah juga. Pernah mendapatkan 6 link tautan dan karena berganti tempat menjadi 4 dan dua.

Lalu, bagaimana selanjutnya? Mungkin dikurangi kebiasaan mengubah template blog ini. Atau berusaha untuk mengurangi risiko ganti template blog?

Update:
tampilan sitelink,tampil optimal

Dalam beberapa jam saja, tampilan sitelink (tautan situs) google kembali seperti semula. Dengan demikian link yang ditampilkan oleh google sudah dapat dibaca karena fontasinya cukup terlihat oleh pengguna.

0 Response to "Tampilan Sitelink Google Berubah?"

Posting Komentar