Opini Menyambut HUT PGRI ke- 72 dan HGN 2017

Opini menyambut HUT PGRI ke- 72  dan HGN 2017 – Tanggal 25 November 2017, genap sudah 72 tahun usia Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Pada peringatan ulang tahun PGRI ke- 72  dan Hari Guru Nasional (HGN) 2017 ini, pemerintah telah mengangkat tema, Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja untuk Penguatan Pendidikan Karakter.

HGN,PGRI,HUT
Para guru masih optimis dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja (matrapendidikan.com)

Usia organisasi profesi PGRI beda tipis dengan usia Kemerdekaan RI. Hanya berbeda sekitar seratus hari dengan usia proklamasi Kemerdekaan RI. Tentu saja usia tersebut bukan lagi usia yang dibilang muda, melainkan usia yang memungkinkan sesuatunya menjadi lebih matang dan mapan.

Ketika umur Kemerdekaan RI seratus hari, puluhan organisasi guru menyelenggarakan kongres di Surakarta. Dalam kongres tersebut berhasil dibentuk wadah satu-satunya organisasi guru yang diberi nama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Tema peringatan HUT PGRI sudah dirancang sedemikian rupa setiap tahun. Tentu saja, tema tersebut memberi motivasi bagi guru untuk memperkokoh peran guru dalam mencerdaskan anak bangsa. Lebih dari itu adalah meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Sampai hari ini, guru masih ‘direpotkan’ oleh kurikulum pendidikan. Pelaksanaan Kurikulum 2013 (Kurtilas) belum menyeluruh. Masih ada sekolah yang menerapkan  dua kurikulum sekaligus, Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Dan memang, penerapan Kurtilas dilaksanakan secara bertahap sehingga dalam jangka waktu tertentu, semua sekolah sudah menerapkan Kurikulum 2013.

Sistem penilaian dalam Kurtilas masih mengalami revisi disana-sini. Jika ‘tradisi’ ini masih tetap diberlakukan, maka waktu guru lebih banyak tersita untuk penataran dan sosialisasi tentang kurikulum pendidikan. Sementara itu murid sering tidak belajar karena harus ditinggal pergi oleh guru untuk kepentingan sosialisasi tersebut.

Di sisi lain, persoalan nasib guru honorer masih belum kelar. PGRI masih berjuang untuk menjelaskan ‘duduktegak’ nasib guru honorer.  Namun demikian pada peringatan HUT PGRI ke-72 dan Hari Guru Nasional 2017 ini, diharapkan para guru semakin optimis mengimplementasikan tema yang diangkat oleh pemerintah. Muaranya adalah meningkatnya disiplin dan etos kerja guru dalam membangun pendidikan berkarakter.

Dirgahayu PGRI ke-72 dan HGN 2017.

0 Response to "Opini Menyambut HUT PGRI ke- 72 dan HGN 2017"

Posting Komentar