Buang Jauh Kebiasaan yang Merugikan Siswa

Buang jauh kebiasaan yang merugikan siswa -  Ujian Semester (US) Ganjil atau semester gasal sudah di ambang pintu. Tinggal sekitar 15 hari lagi dari sekarang. Oleh sebab itu siswa perlu kembali merenung dan bertanya kepada diri sendiri, apakah persiapannya sudah bagus atau belum.

suci indriani,sikap merugikan,siswa
"Buang jauh-jauh sikap merugikan jika ingin naik kelas" kata Suci Indriani, S.Pd. (matrapendidikan.com)

Demikian inti amanat yang disampaikan Suci Indriani, S.Pd, selaku wali kelas VIII.A dalam amanatnya pada upacara bendera, Senin (27/11). Sedangkan pelaksana upacara hari itu adalah siswa kelas VIII.

“Pada umumnya siswa masih menunjukkan kebiasaan yang merugikan diri sendiri. Minta permisi ke luar kelas padahal guru baru saja masuk kelas. Alasannya beli ballpoint, beli rol, pensil dan banyak alasan lainnya. Apa tidak dipersiapkan sejak dari rumah?” kata guru mata pelajaran bahasa Inggirs itu bertanya.

Wali Kelas VIII.A juga mempertanyakan kebiasaan siswa ngobrol dengan teman bahkan meribut ketika guru menerangkan materi pelajaran. Ada pula yang menunjukkan sikap seolah-olah guru dianggap sama besar dengan guru, tidak menghargai guru.

“Jika ingin dihormati teman atau orang lain maka belajarlah untuk menghargai orang lain terlebih dulu,” ucap Suci Indriani, S.Pd berfilosofi.

Seperti dikatakan wali kelas VIII.A, siswa masih banyak yang suka minta permisi ke luar kelas ketika guru telah masuk ke ruang kelas. Alasannya untuk membeli alat tulis, menjemput ini dan itu. Padahal, siswa sudah diberi waktu jam istirahat yang cukup. Oleh sebab itu, jam istirahat itu dapat digunakan dengan baik.

“Apakah mungkin siswa mendapat hasil belajar memuaskan, akan naik kelas jika cara dan sikap belajarnya seperti itu?” tanya Suci Indriani, S.Pd beretorika.
Simak juga: Siswa Harus Merubah Sikap dan Tingkah Laku
Oleh sebab itu, kata Suci Indriani S.pd masih ada waktu untuk merubah sikap dan cara belajar siswa untuk memperoleh nilai bagus agar naik kelas. Sebaliknya buang jauh kebiasaan yang merugikan siswa Tapi jika tidak ingin naik kelas berbuatlah hal-hal yang merugikan diri siswa sendiri.

1 Response to "Buang Jauh Kebiasaan yang Merugikan Siswa"

  1. iya ya Pak, persiapan belajar untuk Ujian Semester (US) Ganjil harus diutamakan. Siswa harus banyak belajar dan mengurangi aktivitas yg kurang bermanfaat agar mendapat nilai yg maksimal sesuai harapan

    BalasHapus