Apa Maknanya Melepas Balon ke Angkasa?

Apa maknanya melepas balon ke angkasa? – Peringatan HUT PGRI ke- 72 dan HGN 2017 di SMPN 2 Lintau Buo ditandai dengan berbagai kegiatan. Di antaranya adalah upacara bendera yang pelaksananya guru dan tenaga kependidikan di sekolah. Kemudian acara pemotongan kue ulang tahun PGRI dan pelepasan balon ke angkasa.

makna,melepas balon
Para guru menengadah untuk melepas balon yang dipegang ke angkasa (matrapendidikan.com)

Para guru dan tenaga kependidikan masing-masingnya menerima dan memegang balon yang diberi oleh kepala sekolah.  Kemudian balon itu dilepas ke angkasa dengan serentak sehingga membentuk formulasi unik di angkasa. Lalu, apa makna pelepasan balon itu?

Balon menjadi salah satu benda ringan berisi gas oksigen atau helium sebagai ungkapan perasaan seseorang atau kelompok. Biasanya balon itu dipilih aneka warna sehingga menarik dipandang mata.  

Siapa penemu balon pertama kali? Mungkin ini patut menjadi pertanyaan pengunjung budiman. Ternyata balon pertama kali ditemukan oleh seorang ahli fisika elektromagnetik, Michael Faraday pada tahun 1824. Hebatnya, 3 tahun sebelumnya Faraday telah menemukan induksi elektromagnetik tahun 1821.

Faraday membuat bahan balon dari karet dan mengisinya dengan gas Hidrogen. Namun gas ini ternyata mudah terbakar sehingga menggantinya dengan gas Helium. Penemuan Faraday tersebut pada gilirannya dikembangkan untuk berbagai keperluan dan bidang lain.

Apa makna melepas balon ke angkasa? Banyak makna dari aktivitas melepas balon ke angkasa. Namun dalam komunitas guru dan tenaga kependidikan di SMPN 2 Lintau Buo, pelepasan balon mengandung makna harapan yang tinggi untuk mewujudkan proses dan hasil pendidikan yang lebih baik di sekolah.

Di samping itu juga sebagai simbol untuk meninggalkan hal-hal yang kurang baik untuk mewujudkan mimpi bersama dalam rangka mencerdaskan anak bangsa dan mengembangkan karakter anak masa depan yang lebih cerah.

0 Response to "Apa Maknanya Melepas Balon ke Angkasa?"

Posting Komentar