Belajar Teknik Dasar Start Jongkok di Sekolah

Belajar teknik dasar start jongkok di sekolah – Start dalam olahraga cabang atletik semisal lomba lari diartikan sebagai sikap dan gerakan permulaan. Namun tahap awal ini ikut menentukan keberhasilan atlit lomba lari. Start yang benar alkan mengantarkan atlit lomba lari menjadi yang terbaik di samping tahap lari maupun tahap finish.

belajar,start jongkok,sekoalh
Guru olahraga sedang memperagakan gerakan posisi start jongkok posisi pendek di hadapan siswa (matrapendidikan.com)

Dalam cabang atletik lomba lari dikenal 3 teknik start, yaitu teknik start jongkok, start melayang dan start berdiri. Ketiga teknik start ini digunakan dalam lomba lari jarak pendek 50 meter sampai 400 meter dan lari bersambung (estafet).

Dalam suatu kesempatan yang luas, admin sempat mengamati proses belajar siswa tentang teknik dasar start jongkok di sekolah. Siswa belajar teknik dasar start jongkok di lapangan sekolah bersama guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Hary Delfingra, S.Pd.

Berdasar pengamatan, siswa belajar bagaimana teknik dan cara start yang benar sehingga menimbulkan percepatan lari dimana siswa cepat meluncur ke depan untuk menuju garis finish. Dalam belajar ini, siswa menempuh jarak 50 meter sebagai langkah awal.

Seperti yang diungkapkan Hary Delfingra, S.Pd usai siswa belajar teknik dasar start jongkok, siswa perlu fokus terutama mendengar aba-aba. Ada 3 tahap aba-aba dalam teknik dasar start jongkok:

1.Aba-aba “bersedia”

posisi 1,aba-aba,bersedia
Posisi 1 : Aba-aba "bersedia" (matrapendidikan.com)

Siswa meletakkan lutut kaki belakang pada ujung kaki depan, kedua tangan lurus sejajar dengan bahu, telapak tangan letakkan di belakang garis start, pandangan lurus ke depan sambil mendengar aba-aba berikutnya.

2.Aba-aba “Siap”


aba-aba, siap, siswa
Posisi 2 : Aba-aba "siap" (matrapendidikan.com)

Pada aba-aba siap, siswa mengangkat panggul, berat badan pindah ke depan, kaki menekan kuat pada tumpuan sehingga bersiap untuk melakukan tolakan kaki. Kondisi ini akanmenyebabkan berat badan bertumpu pada kedua tangan sehingga siswa harus berhati-hati mengayunkan tubuh ke depan.

3.Aba-aba “Yak”

aba-aba,yak,posisi 3
Posisi 3 : Aba-aba "Yak" (matrapendidikan.com)

Pada aba-aba ini siswa memulai untuk melesat ke depan dengan mengayunkan tangan kuat-kuat ke depan. Usahakan untuk menjaga posisi badan condong ke depan sampai ke garis finish.

Teknik dasar start jongkok yang dipelajari siswa di atas adalah start jongkok posisi pendek.Keuntungan start jongkok posisi pendek ini akan memungkinkan gerakan percepatan pelari lepas dari start dan cepat meluncur ke depan.
Demikianlah pembahasan sederhana tentang belajar teknik dasar start jongkok posisi pendek di sekolah.  

0 Response to "Belajar Teknik Dasar Start Jongkok di Sekolah"

Posting Komentar