Manfaat Mengajari Anak Tulisan Tangan

Manfaat mengajari anak tulisan tangan - Jika Anda setiap hari bekerja dengan komputer, tentu Anda pernahmengalami momen di mana Anda harus menulis sesuatu dengan tangan dan merasa "janggal". Kemajuan teknologi telah mengubah cara kita melakukan berbagai hal, termasuk memodifikasi kemampuan yang sudah kita pelajari bertahun-tahun! Bagaimana dengan si kecil yang baru belajar menulis dan menghabiskan semakin banyak waktu di komputer atau perangkat pintar lain?

manfaat,mengajari anak,menulis tangan
Ilustrasi menulis tangan 

Ini hanyalah salah satu alasan kenapa para ahli menyarankan Anda menetapkan waktu khusus latihan menulis untuk si kecil. Memang mengetik di komputer tidak beresiko menciptakan coretan-coretan dan noda tinta yang tidak diinginkan, tapi Anda tidak perlu khawatir. Cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju tidak sulit, sepadan dengan manfaat mengajari anak tulisan tangan. Yuk, kita simak bersama.

1.Meningkatkan performa di sekolah
Tulisan tangan masih digunakan sebagai media utama di sekolah untuk mengerjakan tugas dan ujian. Oleh sebab itu, tulisan tangan yang bisa terbaca dan rapi tentu berpengaruh sangat besar terhadap performa anak-anak. Selain itu, penelitian menunjukkan anak yang menulis rapi dan bagus memiliki rasa percaya diri yang lebih besar dalam performa akademis daripada anak dengan tulisan tangan yang sulitterbaca.

2.Meningkatkan kemampuan berkonsentrasi
Ada hubungan antara perkembangan mental anak dan tulisan tangan, yaitu ketika anak menulis dengan tangan, anak "dipaksa" untuk memperhatikan setiap bentuk huruf, jarak spasi, dan menuangkan idenya dalam tulisan agar hasil akhirnya rapi. Kegiatan ini merupakan latihan yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuannya berkonsentrasi.

3.Meningkatkan kemampuan mengeja
Survei menunjukkan adanya kemunduran pada anak-anak remaja dan yang duduk di bangku kuliah dalam kemampuan mengeja. Latihan menulis dengan tangan mengurangi resiko ini karenaanak diajak untuk menulis secara benar, huruf demi huruf.

4.Membantu dalam pengucapan
Manfaat ini terlihat pada anak yang masih duduk di tahun-tahun pertama sekolah. Misalnya, dengan menulis huruf  m, dia juga bisa belajar bagaimana melafalkannya.

Huruf balok atau bersambung?

Tulisan bersambung kini semakin menghilang di sekolah, dan ini sangat disayangkan. Menurut neurolog William Klemm, tulisan bersambung memperkuat hubungan antara tulisan tangan dan perkembangan mental anak. Hal ini dikarenakan huruf-huruf bersambung lebihsulit dan bentuknya pun tidak homogen.

Selain itu, para ahli percaya bahwa tulisan bersambung memiliki manfaat lebih besar dalam membantu anak-anak yang memilik ikesulitan membaca (seperti pengidap disleksia) daripada tulisan balok. Tulisan bersambung juga diyakini bisa meningkatkan daya kreativitas anak.

Nah, setelah mengetahui manfaat-manfaatnya, tentu Anda ingin mulai menerapkan latihan tulisan tangan untuk anak. Hindari kesalahan paling umum, yaitu memaksa anak menulis berjam-jam dan berhalaman-halaman. Beberapa menit per hari cukup.

Tentu saja, beberapa anak membutuhkan latihan khusus dan waktu yang lebih panjang. Mengajari anak menulis secara bagus dan rapi membutuhkan kesabaran. Jangan terbawa emosi jika dia melakukan kesalahan kecil, misalnya mencoretkan pulpen ke bajunya. Cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju bisa dicari, tapi anak yang dimarahi ketika sedang berusaha keras bisa kehilangan rasa percaya diri.

0 Response to "Manfaat Mengajari Anak Tulisan Tangan"

Posting Komentar