Inilah Alasan Pihak Sekolah Panggil Orangtua Siswa

Inilah alasan pihak sekolah panggil orangtua siswa - Pelaksanaan pendidikan di sekolah akan melibatkan berbagai pihak terkait. Pihak sekolah (kepala sekolah, guru dan tenaga administrasi) perlu bekerja sama dengan pihak lain, seperti; orangtua siswa, masyarakat dan intansi pemerintah setempat demi kemajuan pendidikan di sekolah tersebut. 


alasan pemanggilan,pihak sekolah,orangtua siswa

Pihak sekolah sebagai penyelenggara pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah akan berkomunikasi dengan semua pihak terkait. Komunikasi dapat dilakukan secara tulisan (undangan) maupun lisan (pesan). 

Kita sebagai orangtua anak, sering merasa khawatir bila ada panggilan, apalagi bersifat mendadak oleh pihak sekolah. Baik melalui undangan resmi maupun pesan. 


Tidak jarang sebagian kita yang mengabaikan panggilan karena memang sudah sering terpanggil karena anak melanggar peraturan di sekolah.

Inilah beberapa kemungkinan alasan pihak sekolah memanggil orangtua siswa.

1.Musyawarah komite sekolah

Pemanggilan orangtua melalui surat undangan yang diketahui oleh komite sekolah bersifat periodik. 

Musyawarah paripurna komite biasanya di diadakan satu atau dua bulan setelah tahun pelajaran baru.

Panggilan musyawarah paripurna ini sudah bisa kita tebak isinya : iuran atau sumbangan. Biaya pendidikan anak semakin bertambah setelah berhasil diterima di sekolah itu. 

2.Pelanggaran peraturan sekolah oleh anak

Sekolah mempunyai peraturan tertentu dan harus dipatuhi dan ditaati oleh semua siswa. 

Bagi siswa yang melanggar peraturan sekolah akan mendapat sanksi mulai dari peringatan, pemanggilan orangtua sampai pengembalian siswa kepada orangtua.

3.Prestasi belajar anak menurun

Orangtua anak juga bisa dipanggil pihak sekolah karena prestasi belajar anak menurun. Panggilan ini dilakukan oleh guru kelas/wali kelas atau guru bimbingan konseling.

4.Penerimaan rapor semester

Sudah menjadi tradisi pada sebagian sekolah untuk menyerahkan rapor siswa bersama orangtuanya. 

Anak yang berprestasi, menjadi pemuncak kelas, biasanya diumumkan di depan para orangtua anak.

Anak bersama orangtuanya tampil ke depan mimbar penyerahan raport. Disinilah kebahagian orangtua yang memiliki anak berprestasi di sekolah. 


Jerih payah mencari uang untuk membayar iuran/sumbangan  seakan tak terasa.

Apapun alasannya, pemanggilan orang tua siswa oleh pihak sekolah berkaitan dengan kemajuan belajar siswa. Oleh sebab itu orangtua harus peka dan menyempatkan diri untuk memenuhi panggilan pihak sekolah tersebut.***