5 Manfaat Penting Kegiatan Classmeeting di Sekolah

5 Manfaat penting kegiatan class meeting di sekolah - Sobat pelajar, mungkin saat ini sudah menyelesaikan ujian semesternya. Ujiannya pasti lancar, hasilnya diharapkan cukup bagus pada waktu penerimaan rapor. Lalu, apa kegiatan sobat saat menunggu datangnya waktu penerimaan rapor?

Ilustrasi gambar (Syaf/Matrapendidikan.com)

Biasanya sekolah mengadakan kegiatan class meeting. Suatu kegiatan ekstrakurikuler berupa pertemuan siswa antar kelas dalam bentuk perlombaan ataupun pertandingan.

Kegiatan kesiswaan ini dikelola oleh Pembina OSIS, dilaksanakan oleh anggota OSIS. Tentunya cukup menarik untuk diikuti oleh semua siswa di sekolah tersebut.

Jenis kegiatan perlombaan atau pertandingan yang diadakan tergantung pada program yang telah disusun oleh OSIS di sekolah masing-masing.

Inilah pentingnya OSIS menyusun program kegiatan class meeting sehingga berlangsung sesuai target yang ditetapkan.
Baca : Menyusun Kerangka Proposal Classmeeting
Bentuk kegiatan dalam bidang keagamaan, misalnya; lomba baca Al Qur’an, baca puisi, nyanyi, dan lain sebagainya. Bidang olah raga umpamanya; volleyball, tenis meja, sepak takraw, catur. 

Bentuk perlombaan yang cukup menarik diantaranya adalah; balap karung (pacu karung), membawa botol di kepala dan permainan tiup bola pingpong. Tentunya masih banyak bidang lain yang patut dipilih dan disesuaikan dengan kondisi sekolah. 

Apa manfaatnya kegiatan class meeting? Banyak sekali manfaatnya, antara lain:  

1.Mengendorkan urat saraf

Ujian semester akan menyedot banyak energi tubuh maupun otak. Saraf otak menjadi tegang sehingga perlu dikendorkan melalui kegiatan classmeeting yang murah lagi meriah.

Dengan kegiatan classmeeting, saraf otak menjadi rileks kembali asal diikuti dengan baik.
Baca juga : Classmeeting Kendorkan saraf siswa

2.Menyalurkan bakat dan minat siswa

Siswa akan memiliki bakat dan minat yang tidak sama satu sama lainnya.

Siswa berbakat seni, budaya, olahraga, keagamaan dan lain sebagainya akan tersalurkan melalui kegiatan class meeting di sekolah

3.Mempererat tali silaturrahmi siswa

Class meeting mempertemukan semua siswa dalam suatu kegiatan yang berbentuk pertandingan dan perlombaan.

Ajang ini akan memberi kesempatan kepada siswa untuk saling mengenal lebih dekat serta memelihara sikap sportifitas.

4.Mencari bibit prestasi di bidang ekstrakurikuler

Melalui kegiatan class meeting dapat ditemukan siswa yang memiliki bakat dan minat menonjol dalam satu bidang kegiatan ekstrakurikuler.

Bagi pengelola sekolah, ajang class meeting dapat dijadikan sebagai langkah untuk mencari siswa berprestasi di bidang kegiatan ekstrakurikuler.

5.Melatih mental bersaing yang sehat

Perlombaan serta pertandingan bernilai persaingan untuk memperoleh hasil terbaik. Siswa harus bersaing secara sehat dan sportif dalam meraih kemenangan atas siswa lain.

Kalah atau menang persoalan biasa. Toh, dalam pertandingan atau perlombaan harus ada yang menang dan kalah. Ini harus dipahami oleh semua siswa.
Itulah 5 manfaat kegiatan class meeting di sekolah. Namun demikian manfaat tersebut akan diperoleh apabila dilaksanakan dengan menerapkan prinsip murah meriah, penuh kegembiraan dan antusias serta kekeluargaan.

Tentu saja, guru di sekolah berharap agar semua siswa di sekolah itu dapat mengikuti kegiatan class metting dengan baik.***