Cara Belajar yang Baik di sekolah

Cara belajar yang baik di sekolah - Semua siswa pasti berkeinginan memperoleh prestasi belajar yang baik. Kalau perlu mendapat juara di kelas atau di sekolah. Namun bisakah menjadi seorang siswa berprestasi di sekolah?

Ilustrasi gambar (freepik.com)

Bisa. Syarat utamanya memang harus tekun belajar. Ini sudah diketahui oleh siswa. Selain itu perlu menguasai strategi dan cara belajar yang baik untuk mewujudkan keinginan itu.

Pada artikel sebelumnya sudah dikemukakan cara belajar yang baik di rumah. Jika sudah menguasai bagaimana tips belajar di rumah maka siswa perlu pula menguasai cara belajar yang baik di sekolah. Proses belajar yang utama terjadi di sekolah.

Berikut adalah cara belajar yang baik di sekolah:

1.Disiplin waktu belajar

Sekolah mempunyai aturan dan tata tertib belajar. Masuk kelas tepat pada waktunya. Jangan pernah telat masuk kelas.

Ketika guru sudah masuk berarti siswa juga siap belajar. Baik pada jam pertama maupun pertukaran jam belajar antara satu mata pelajaran dengan pelajaran berikutnya. Singkirkan hal-hal lain yang mengganggu pikiran.

Disiplin waktu belajar juga menyangkut jam istirahat. Gunakan jam istirahat dengan baik.

Apakah untuk pergi jajan ke kantin atau sekadar menghirup udara segar di taman sekolah. Intinya, hemat energi siswa untuk mengikuti pelajaran berikutnya.

2. Konsentrasi dalam belajar

Konsentrasi adalah modal utama bagi siswa. Perhatikan dengan baik saat guru menerangkan pelajaran. Kemudian catat mana materi yang dianggap penting. Biasanya guru memberi penekanan tertentu pada bagian yang penting dan harus dipahami betul. 

Misalnya dengan mengulang-ulang menerangkan materi-materi, menggarisbawahi atau memberi isyarat langsung bahwa materi tertentu harus dipahami.

3.Aktif selama belajar

Pembelajaran itu bersifat dinamis. Ada saatnya guru menerangkan pelajaran dan ada pula waktunya untuk bertanya bagi siswa. Jangan malu-malu untuk bertanya kepada guru atau menjawab pertanyaan dari guru. 

Siswa yang mau bertanya dan menjawab pertanyaan akan menjadi perhatian guru dan ini bukan mustahil guru tersebut mau membimbing siswa secara individu.

4.Hindari melanggar aturan belajar

Pada umumnya aturan belajar itu sama di suatu sekolah. Namun setiap guru mempunyai aturan-aturan khusus.

Apa yang disukai guru selama mengajar, begitu pula apa yang tidak disukai guru dan perlu dihindari. Hampir semua guru tidak menginginkan siswa bolos belajar.

5.Menyukai semua guru dan mata pelajarannya

Sebagai siswa tentu saja tidak layak membeda-bedakan mata pelajaran dan gurunya jika ingin meraih hasil belajar yang memuaskan.

Ketahuilah, setiap guru mempunyai kekurangan dan kelebihan. Setiap mata pelajaran pun mempunyai tingkat kesukaran dan kemudahan tertentu.

Demikian 5 poin penting cara belajar yang baik di sekolah. Tentu masih ada poin lain yang dapat dikembangkan sendiri oleh siswa. Mudah-mudahan bermanfaat.***