Evaluasi Terhadap Buku Rapor Anak

Evaluasi terhadap buku rapor anak – Minggu ini, mungkin siswa di semua jenjang pendidikan sudah menerima rapor kenaikan kelas. Hasil penilaian (evaluasi) orangtua terhadap buku rapor anak akan berbagai ragam. Apapun hasil yang diraih anak, itulah kemampuan maksimal yang dipersembahkan anak kepada orangtua.

evaluasi,buku rapor,siswa

Jika hasil belajar anak belum sesuai harapan, itu artinya perlu strategi dan usaha baru untuk tahun pelajaran berikutnya. Orangtua perlu lebih banyak membimbing anak belajar di rumah.

Anak perlu belajar lebih giat lagi. Lebih dari itu mungkin menguasai cara belajar yang baik di sekolah maupun di rumah. Dengan dua strategi ini diharapkan terjadi perubahan yang berarti terhadap prestasi belajar anak.

Berikut ini dikemukakan kategori hasil belajar pada rapor anak. Evaluasi terhadap buku rapor anak dikelompokkan menjadi 3 kategori:

1.Memuaskan
a. Anak memperoleh nilai bagus setiap mata pelajaran.
b. Menempati ranking 10 besar.
c. Terjadi peningkatan prestasi belajar dari semester sebelumnya.
d. Siswa naik kelas.

2.Sedang
a. Siswa sudah mencapai ketuntasan belajar di setiap mata pelajaran.
b. Belum menempati ranking 10 besar.
c. Terjadi kenaikan jumlah nilai namun belum signifikan terhadap perbaikan peringkat anak di kelas.
d. Naik kelas.

3.Kurang
a. Siswa mengalami berbagai masalah hasil belajar.
b. Tidak memenuhi kriteria naik kelas.
c. Anak harus mengulang kembali di tingkat kelas yang sama.
d. Perlu perubahan strategi dan cara belajar di sekolah maupun di rumah.

Sebagai catatan penting, bagi yang belum berhasil atau menempati kategori kurang, semestinya tak perlu terlalu larut dalam kesedihan. 

Berkecil hati atau marah kepada guru di sekolah. Mengulang kembali tahun pelajaran depan lebih baik ketimbang berhenti sekolah karena merasa malu.***