6 Rahasia Sukses dalam Belajar

6 Rahasia sukses dalam belajar – Sobat siswa ingin sukses belajar? Tentu saja! Semua siswa pasti ingin meraih kesuksesan dalam belajar. Memperoleh prestasi belajar dengan memuaskan.  Siswa yang memperoleh prestasi tinggi juga menjadi siswa populer di sekolah. Tidak itu saja, kedua orangtua siswa akan bahagia dan bangga.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Kenyataannya, menjadi  seorang siswa yang sukses dalam belajar tidak mudah. Banyak tantangan dan hambatan yang harus dihadapi.

Tantangan itu tidak hanya berasal dari dalam diri siswa. Faktor lain yang dapat menghambat kesuksesan belajar adalah kurangnya dukungan lingkungan, proses pembelajaran, dan lain sebagainya.

Lalu, apa rahasia kesuksesan dalam belajar? Mari kita simak rahasia-rahasia berikut ini:

1.Menghormati orangtua dan guru

Rahasia pertama dan utama adalah hormati orangtua dan guru. Mana ada siswa durhaka pada orangtua yang akan sukses belajar?

Mana ada siswa yang tidak menghormati, sering melawan kepada guru, akan meraih prestasi belajar yang diinginkan?

2.Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses

Mengapa siswa memperoleh prestasi belajar yang rendah? Salah satunya adalah kurangnya motivasi untuk meraih kesuksesan belajar.

Siswa datang ke sekolah hanya sekadar melaksanakan rutinitas belajar. 

Oleh sebab itu, agar sukses belajar siswa harus memiliki motivasi yang kuat untuk memperoleh hasil belajar memuaskan.

3.Rajin melaksanakan ibadah

Siswa yang rajin beribadah memiliki keterkaitan batin yang kuat dengan Allah SWT.

Melaksanakan shalat wajib 5 waktu, shalat sunat, sering melaksanakan puasa sunat senin dan kamis, dan lain sebagainya.

Tentu saja semua ibadah tersebut akan diiringi dengan doa agar sukses dalam belajar.

4.Mengetahui cara belajar yang efektif

Siswa akan sukses belajar bila menguasai bagaimana cara belajar yang efektif. Belajar yang rajin dan tekun semata belum cukup untuk meraih kesuksesan belajar.

Jadi, agar sukses belajar, gabungkan ketekunan dan cara belajar yang lebih efektif.

5.Menjaga keseimbangan kegiatan

Siswa yang sukses belajar adalah siswa mampu menjaga keseimbangan antara kegiatan belajar, istirahat, olah raga, beribadah, membantu orangtua, dan lain sebagainya.

6.Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh

Kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh akan mempengaruhi aktivitas siswa sehari-hari. Tubuh yang sehat dan bugar memungkinkan siswa untuk berkonsentrasi dan bersemangat belajar.

Selain berolahraga dengan rutin juga perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan cukup mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Itulah 6 rahasia sukses belajar yang utama. Tentu saja rahasia-rahasia tersebut masih dapat diungkap lebih lanjut melalui pengalaman empiris siswa sendiri.***