Kreativitas Anak Membuat Prakarya Kolase

Kreativitas anak membuat prakarya kolase – Putra bungsu kami kembali mendapat tugas sekolah berupa tugas prakarya kolase. Tugas ini kata Muhammad Fadhlan Hakim, putra bungsu saya tersebut sebagai tugas akhir pada semester ganjil di kelas 6 sekolah dasar.

membuat,kolase,pesawat terbang
Kolase pesawat terbang sebagai salah satu kreativitas dan daya imajinasi anak (matrapendidikan.com)

Biasa, kalau anak sekolah sudah membuat prakarya pasti berkaitan dengan bahan dan materi yang dibutuhkan. Namun tidak semua bahan dan materi itu dari bahan/benda bekas. Sebagiannya lagi pasti membutuhkan uang.

Membuat kolase dari ampas kelapa membutuhkan  perekat (lem), gincu (pewarna), dan lain sebagainya. Ini pasti memerlukan uang untuk membelinya. Sedangkan ampas kelapa tidak sulit untuk mendapatkannya. Begitu pula karton kardus dan kertas menggambar pola kolase.
Disini bukan bahan atau materi keperluan untuk membuat kolase yang menarik perhatian. Akan tetapi pola gambar yang diajukan kepada kami, yaitu kolase pesawat terbang. Gambar salah satu pesawat dari maskapai penerbangan swasta Indonesia.
Kami tidak yakin putra kami yang masih kelas 6 SD itu bisa membuat kolase pesawat dari ampas kelapa. Tapi ia bersikeras untuk membuatnya. Okelah kalau begitu, kata kami kepadanya.

Akhirnya kami tahu kenapa ia memilih membuat kolase pesawat terbang dari salah satu maskapai penerbangan itu. Kebetulan, ketika ia Studi Banding Internasional Malaysia dan Singapura bagi Siswa Berprestasi 2017 menaiki pesawat dari maskapai penerbangan tersebut.
Dari uraian tersebut di atas dapat ditarik benang merah bahwa kreativitas seorang anak dapat tumbuh melalui pengalaman nyata. Pengalaman tersebut menyatu bersama imajinasi anak dalam menciptakan suatu prakarya sederhana.

Dengan demikian proses pembelajaran anak sekolah tidak mesti selalu di ruang kelas. Anak juga perlu bersosialisasi dengan lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Hasil sosialisasi terebut dapat menjelma menjadi suatu imajinasi positif dan karya sederhana.

0 Response to "Kreativitas Anak Membuat Prakarya Kolase"

Posting Komentar