Mendidik Anak Mulai dari Hal-hal Terkecil

Mendidik anak mulai dari hal-hal terkecil – Pendidikan anak memang harus dimulai sejak dini. Peletakan pondasi pertama pendidikan anak dimaksud dimulai di lingkungan keluarga. Orangtua menjadi pendidik utama bagi anak.

menabung,anak,hargai uang
Membiasakan anak menabung dari kecil (pixabay.com)

Sebenarnya konsep pendidikan anak di lingkungan keluarga dimulai dari hal terkecil. Anak dibiasakan melakukan perbuatan mulia terhadap dirinya sendiri, kedua orangtua, orang lain maupun terhadap lingkungan sekitarnya.

Kenapa dimulai sejak dini dan dari hal terkecil? Filosofi pendidikan anak menempattkan anak itu ibarat bambu yang masih muda,. Ketika bambu masih muda masih mudah dibentuk. Namun ketika bambu sudah besar akan susah membentuknya.

Begitu pula pembiasaan sikap dan perilaku baik pada anak yang mudah diarahkan ketika anak masih kecil. Ketika anak melakukan tindakan keliru dan melanggar norma kesopanan, maka saat itulah orangtua mengarahkannya.

Membiarkan anak dengan tindakan kelirunya karena menganggap ia masih kecil dan kalau sudah besar akan berubah sendiri, itu sebenarnya tindakan orangtua yang kurang tepat. Perlu diingat, pengaruh lingkungan sangat besar terhadap kepribadian anak sehingga sulit situasinya anak akan merubahnya sendiri.

Apa saja contoh pendidikan anak mulai dari hal terkecil di lingkungan keluarga?

1.Sopan santun

Sopan santun atau etika dalam contoh ini adalah berbicara. Bagaimana anak berbicara dengan saudaranya, orangtuanya maupun temannya serta orang yang lebih besar darinya.

2.Menghargai uang dan menabung

Sejak dini anak perlu dilatihkan bagaimana menghargai uang. Salah satunya adalah menerapkan kebiasaan menabung. Anak yang menabung di rumah dalam tabungan atau celengan adalah contoh menghargai uang. Uang harus dihemat dan setiap belanja perlu disisihkan untuk hari esok.

3.Memanfaatkan waktu

Memanfaatkan waktu sebaik mungkin adalah hal yang sering dianggap sepele. Namun jika dibiarkan anak sering melalaikan waktu akan beresiko untuk kepribadian anak di hari esok. Anak akan terbiasa banyak bermain dan bukannya belajar.

4.Menjaga kelestarian lingkungan

Anak perlu diarahkan menjaga kelestraian lingkungan sejak dini. Bentuk kecil yang diterapkan pada anak adalah tidak membuang sampah plastik ke tanah atau ke dalam sungai maupun kolam. Sampah plastik tidak terurai oleh bakteri tanah sehingga membuat tanah menjadi gersang.

5.Mencintai tanaman

Tanaman perlu dirawat dan dipelihara dengan baik. Tanaman bunga di pekarangan perlu disiram secara teratur agar tumbuh dengan baik. Sedangkan tanaman berupa buah-buahan perlu juga dirawat supaya jangan rusak atau mati.

Demikianlah 5 hal kecil yang penting dimulai dalam pendidikan anak di lingkungan keluarga. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan inspirasi.

0 Response to "Mendidik Anak Mulai dari Hal-hal Terkecil"

Posting Komentar