Mengeanal dan Menjaga 3 Peralatan Instalasi Listrik di Rumah

Mengenal dan menjaga 3 peralatan instalasi listrik di rumah – Peralatan instalasi listrik di rumah cukup banyak macamnya. Namun yang hampir setiap hari dilihat dan digunakan adalah sakelar, stop kontak dan tusuk kontak, sekering, fiting, dan lain sebagainya.

peralatan,instalasi listrik, rumah
Sakelar ganda dan stop kontak dipasang berdampingan di dinding rumah (matrapendidikan.com)

Tiga peralatan rangkaian listrik di rumah yang akan dibahas adalah sakelar, stop kontak dan sekering. Ketiga peralatan ini dipasang pada dinding rumah. Kenapa di dinding rumah? Supaya mudah dipergunakan setiap hari untuk berbagai keperluan.

Bagi anak sekolah, tingkat SD maupun SMP, pengetahuan tentang peralatan instalasi listrik ini sangat berguna. Masih banyak siswa yang belum paham apa dan bagaimana fungsi ketiga peralatan jaringan listrik di rumah tersebut.
Simak : Fasilitas Penting di Ruang Redaksi Blog

1.Sakelar

Sakelar adalah alat untuk menyambung dan memutus arus dalam rangkaian listrik di rumah. Ada banyak jenis sakelar listrik, namun yang dipasang pada dinding rumah pada umumnya sakelar on-off dalam bentuk tunggal atau deret. Sakelar deret disebut juga sakelar seri.

2.Stop kontak

Stop kontak juga berfungsi untuk menyambung dan memutus arus listrik dalam rangkaian listrik.  Stop kontak berupa kotak kontak sumber tegangan listrik yang siap dipakai.

Stop kontak dilengkapi dengan kontak tusuk yang siap dipakai dan diubungkan dengan berbagai peralatan listrik di rumah tangga. Jika ingin menggunakan arus listrik maka colokan perlatan listrik ditusukkan pada tusuk kontak yang ada pada stop kontak..

3.Sekering

Sekering (fuse) adalah alat pemutus arus pada rangkaian listrik. Jika pemakaian arus listrik berlebihan maka arus akan berhenti mengalir (terputus) mendadak. Begitu juga karena hubungan pendek (korsleting), sakering akan memutus arus secara mendadak.

Dalam praktiknya, sekering berungsi sebagai alat pengaman untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat terjadinya hubungan singkat.
Tiga komponen instalasi listrik tersebut di atas dipasang pada dinding agar mudah digunakan oleh pengguna. Misalnya untuk menyalakan atau mematikan lampu penerangan, memasang peralatan listrik seperti lemari pendingin, setrika listrik, kipas angin dan lain sebagainya.

Pemasangan sakelar dan stop kontak maupun sekering listrik pada dinding agak ditinggikan dari lantai untuk menghindari jangkauan anak kecil. Peralatan ini harus dijaga dengan baik agar terhindar dari kerusakan saat pemakaian maupun gangguan dari anak kecil di rumah.

0 Response to "Mengeanal dan Menjaga 3 Peralatan Instalasi Listrik di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel