Motivasi Belajar Bisnis Online Google Adsense

Motivasi belajar bisnis online google adsense – Hasil berbisnis online google adsense itu ‘gurih’. Kalimat seperti ini sering kita temukan dan baca melalui artikel postingan dari publisher adsense, termasuk yang sudah sukses dalam bisnis online yang satu ini.

motivasi belajar,bisnis adsense,bisnis online
Ilustrasi motivasi bisnis google adsense (pixabay.com)

Benarkah begitu? Kalau benar, bagaimana caranya agar publisher pemula bisa juga ikut menikmati gurihnya pendapatan dari google adsense? Oleh sebab itu melalui pembahasan ini kita coba menganalisanya berdasar pengalaman emperis kami sebagai salah seorang publisher adsense.

Publisher amatir

Dollar dari google adsense itu memang ‘gurih’. Apalagi bagi publisher amatiran seperti kami admin matrapendidikan.com ini. Menjadi publisher adsense baru 4 tahun belakangan. Memang bukan waktu yang singkat namun masih belum juga profesional bermain bisnis online selama itu
Penghasilan dari google adsense hanya pas-pasan. Cukup memenuhi kebutuhan kegiatan blogging seperti akomodasi kegiatan blogging. Meski pun demikian, kami tetap merasakan gurihnya penghasilan google adsense. Mungkin karena disyukuri penghasilan yang pas-pasan itu.

Meskipun amatiran, Barangkali, pendapatan pasif (passive incomes) sebagai publisher adsense sangat menyenangkan.

Bermain adsense tidak mudah

Bermain adsense tidak semudah membalik telapak  Namun dengan modal kesabaran, sabar menunggu waktu (waktu payout) dan sabar mengupdate artikel postingan. Niscaya akan menuai juga hasil sebagai buah kesabaran tersebut.

Kalau terus belajar, tidak ada yang terlalu sulit. Belajar disini terutama sekali dalam mengoptimasi artikel postingan dan iklan yang dipajang dalam blog.

Harus banyak eksperimen

Belajar teori-teori bermain adsense itu penting. Apalagi belajar dan berguru pada publisher yang berpengalaman dan sudah sukses. Namun jangan sampai terlena menikmati informasi dari mereka.

Justru sebaliknya harus lebih banyak melakukan eksperimen. Menerapkan teori atau ilmu mereka di blog sendiri.. Menjadikan kisah sukses mereka menjadi motivasi untuk kegiatan blogging dan menuai dollar sedikit demi sedikit.

Kenapa harus bereksperimen di blog sendiri? Karakter blog dan isi masing-masing blogger berbeda. Tema blog mungkin sama tetapi karakter isi blog belum tentu sama. Begitu pula pengelolaan blog oleh masing-masing blogger.

Apalagi kalau tema blog berbeda satu sama lainnya. Blog tema pendidikan berbeda karakternya dengan blog kesehatan atau blog komputer dan internet serta tema kuliner.  Oleh sebab itu, belajar blog dan bisnis adsense harus lebih banyak praktiknya.

Mulai dari sekarang

Ketika membaca ada publisher adsense yang sukses tentu saja kita tertarik untuk membacanya sampai tuntas, dan pengin seperti itu pula. Tapi ingat, mereka sukses setelah melalui perjuangan panjang, telah mengorbankan biaya dan waktu untuk mencapai kesuksesan itu.

Akan tetapi bagi publisher pemula, tidak perlu berkecil hati. Merasa tidak mungkin seperti mereka lantas berhenti kegiatan blogginya, jangan! Mulai dari sekarang, toh dulunya mereka yang telah sukses juga berprinsip seperti itu.

Mulai sekarang, belum terlambat untuk memulai atau meneruskan perjuangan dalam kegiatan blogging. Suatu saat akan berhasil juga meskipun belum tahu kapan waktunya. Suatu saat akan menuai hasil meskipun masih dalam taraf pas-pasan.
Baca : Optimisme Publisher Google Adsense Mendulang Dollar

Usaha terus menerus

Payout dari google adsense itu memang gurih, apalagi bagi publisher pemula. Motivasi kegiatan blogging jadi meningkat sehingga blog tetap terupdate minimal satu artikel per hari.

Sebagai publisher adsense dengan blog personal, payout hanya sekali dua bulan. Belum bisa mencapai payout dalam sebulan. Pertanyaan yang patut diajukan adalah bagaimana gajian dari google minimal 2 atau tiga bulan sekali?

Sekadar berbagi saja, publisher blog ini gajian rata-rata sekali dua bulan. Artinya, dalam rentang waktu 2 bulan baru bisa mencapai ambang batas pembayaran (payout) yang dipersyaratkan google adsense. Sebagai publisher awam, itu sudah cukup lumayan.

Bagaimana upaya mencapai payout sesuai target? Tidak lain adalah usaha terus menerus. Bagi kami sebagai publisher adsense amatiran, usaha yang dilakukan adalah enstabilkan trafik pengunjung dan optimasi pada iklan pada blog.

1.Stabilkan trafik pengunjung
Dalam konteks ’trafik pengunjung’, disini dipakai istilah ‘stabilkan’ dan bukan ‘tingkatkan’. Untuk meningkatkan pengunjung dengan cepat tidak terlalu sulit. Namun untuk menstabilkan pengunjung tidaklah mudah.

Untuk mencapai sasaran payout sekali dalam dua bulan. usahakan untuk menstabilkan trafik pengunjung, terutama trafik organik, yaitu trafik dari mesin pencari. Misalnya, trafik organik blog, antara 2500 sampai 3000 pengunjung per hari.

Dengan trafik ini akan dapat penghasilan minimal 1,5 sampai 2 dollar per hari. Dengan menjaga trafik ini agar stabil, berarti pendapat perhari juga stabil.

Bagaimana trafik blog stabil? Konsisten mengupdate artikel postingan, minimal satu artikel dalam sehari. Atau satu artikel dalam dua hari. Jaga terus statistik, jika belum kunjung naik atau mencapai target, silahkan update artikel segera. Kemudian submit ke mesin pencari, share melalui media sosial dan ping artikel ke situs seperti pingomatic.com, totalping.com, imtalk.com, atau  lainya.

2.Optimasi iklan
Optimasi iklan berarti mengoptimasi pendapatan agar stabil. Yang dilakukan terutama sekali hanya masalah penempatan iklan pada blog. Tempatkan iklan seperti saran banyak publisher adsense dalam artikel, seperti bagian awal, tengah dan akhir. Tempat ini cukup strategis karena pengunjung organik biasanya masuk ke halaman artikel dan melihat iklan dalam artikel.

Menjejal halaman blog dengan banyak iklan hanya akan memberatkan loading blog. Oleh sebab itu pasang 2 iklan di dalam artikel (tengah artikel dan bawah artikel).. Kalau memungkinkan pasang satu slot iklan di bagian header blog. Alasannya, ketika situs dibuka lewat ponsel android, 3 iklan itu tidak terlihat begitu ramai. Apalagi panjang artikel cukup memadai.
Simak juga artikel ini: Stabilkan Trafik dan Optimasi Iklan Agar Payout Adsense
Demikianlah pembahasan seputar motivasi berbisnis online google adsense versi blog matrapendidikan.com. Semoga menjadi inspirasi bagi pengunjung, khususnya publisher pemula.

0 Response to "Motivasi Belajar Bisnis Online Google Adsense"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel