Peranan Ibu dalam Pendidikan Anak di Lingkungan Keluarga

Peranan ibu dalam pendidikan anak di lingkungan keluarga – Seorang ibu memegang peranan penting dalam proses pendidikan anak. Kenapa tidak? Pendidikan pertama bagi anak di lingkungan keluarga diperoleh langsung melalui seorang ibu. Dapat dikatakan, ibu adalah pendidik pertama bagi anak dalam proses pendidikannya.

peranan,ibu,pendidikan,anak
Ibu dan anak (pixabay.com)

Dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke- 89 Tahun 2017, sengaja diturnkan artikel tentang peranan ibu dalam pendidikan anak di lingkungan keluarga. Seperti sudah diketahui bahwa pendidikan anak di lingkungan keluarga lebih diarahkan pada pembentukan karakter anak.

Seorang ibu lebih dekat dengan anak, lebih mengerti dan memahami karakter anaknya. Oleh sebab itu, seorang ibu menjadi ‘nara sumber’ utama bagi anak dalam pengembangan pendidikan karakter di rumah tangga.
 Baca juga : Menelisik Peran Ibu dalam Keluarga
Pemberdayaan peranan ibu dalam proses pendidikan anak akan mengantarkan anak bangsa yang berbudi luhur. Jayanya suatu bangsa tidak semata karena penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lebih dari itu adalah karena karakter dan ciri khas bangsa yang berbudi pekerti mulia.

Peranan ibu juga sangat penting dalam mendorong anak belajar di rumah. Mendampingi anak dalam menghadapi persoalan belajar dengan memberikan motivasi bagi mereka.

Persoalan belajar yang dialami anak. Keluhan anak dalam menghadapi pekerjaan rumah (PR) dapat diatasi oleh ibu melalui motivasi yang diberikan kepada anak. Anak menjadi bergairah untuk belajar, tidak mudah pustus asa dalam menghadapi masalah belajar.

Dalam rumah tangga, ibu paling mengerti karakter anak sehingga dapat memotivasi bagaimana anak dapat belajar dengan baik. Peranan ibu tersebut akan memacu dan memicu agar anak berprestasi belajar di sekolah, tidak hnya prestasi bidang akdemik melainkan juga prestasi dalam kegiatan pengembangan diri.

Seorang ibu juga telah memiliki kesabaran luar biasa dalam menghadapi anak. Itu telah terbukti sejak anak masih dalam kandungan. Ketika anak lahir kesabaran seorang ibu masih dituntut ketika anak masih bayi sampai menduduki bangku sekolah.
Simak juga : Peran Seorang Ibu di Era Moderen
Dapat dikatakan, seorang ibu paling dekat dengan anak, paling mengerti dan paham persoalan anak secara mendalam. Posisi seorang ibu memang sangat berpengaruh terhadap proses pendidikan anak di lingkungan keluarga.

Selamat Hari Ibu ke-89 Tahun 2017.

0 Response to "Peranan Ibu dalam Pendidikan Anak di Lingkungan Keluarga"

Posting Komentar