Pesta Tanam Padi di Sawah Berjenjang di Nagari Taluak

Pesta tanam padi di sawah berjenjang di nagari taluak – Taluak merupakan sebuah nagari (dulu bernama desa) di Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Nagari dengan luas 22,5 kilometer per segi ini dikelilingi oleh perbukitan. Bukit-bukit yang mengitari nagari tersebut ditanami pohon karet.

sawah berjenjang,panorama alam
Salah satu panorama pesta tanam padi sawah berjenjang di nagari Taluak Lintau Buo Kabupaten tanah datar (matrapendidikan.com)

Tak heran jika mata pencaharian sebagian besar masyarakat Taluak yang berjumlah 5.157 jiwa adalah berkebun.

Meskipun terdiri daerah perbukitan, nagari Taluak juga memiliki areal pertanian.yang cukup luas. Areal persawahan dengan pola jenjang berada di antara bukit-bukit yang mengitari negeri ini.

Refrimadona, S.Pd, kontributor matrapendidikan sempat menjepret dan mengabadikan salah satu panorama sawah berjenjang di nagari Talauk beberapa waktu lalu. Kebetulan, ketika itu musim tanam padai tiba di Nagari Taluak.

Areal sawah berjenjang menjadi panorama alam gratis bagi masyarakatnya. Panorama alam yang terbentang tidak hanya ketika padi menguning dan siap dipanen. Panorama alam yang mempesona juga tersuguhkan tatkala musim tanam tiba.
Pada umumnya varietas padi yang ditanam di nagari yang sarat dengan tradisi dan budaya islami ini adalah varietas padi yang mereka sebut dengan padi sokan, IR, randah kuniang dan anak daro. Varietas padi ini terkenal karena aroma yang wngi dan citarasa pulen.
Demikian kilas lensa tentang pesta tanam padi di sawah berjenjang di nagari Taluak Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

0 Response to "Pesta Tanam Padi di Sawah Berjenjang di Nagari Taluak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel